Di kampung halamannya, geng Mara Salvatrucha punya markas besar. Markasnya yaitu sebuah penjara bernama Penas Ciudad Barrios di San Salvador.

Penas Ciudad Barrios dipenuhi lebih dari 2500 member Mara Salvatrucha (MS-13). Padahal penjara awalnya dibangun hanya untuk menampung 800 napi.

Penas Ciudad Barrios seperti negara kecil bagi member MS-13. Dalam penjara terdapat berbagai fasilitas, mulai dari pabrik, toko roti hingga tempat gym.

Bahkan, karena sudah dikuasai MS-13, tak ada petugas yang berani sampai benar-benar masuk ke dalam penjara itu. Petugas keamanan pun hanya berjaga-jaga di luar penjara.

Tapi baru-baru ini, seorang fotografer asal Inggris bernama Adam Hinton menguji nyalinya untuk masuk ke jantung Penas Ciudad Barrios.

"Orang-orang yang berada di dalam Penas Ciudad Barrios seperti tak memiliki tujuan apa-apa, kecuali membunuh. Member MS-13 juga saling membunuh untuk bertahan hidup," ujar Adam.

"Sebagian besar narapidana berasal dari daerah kumuh. Sepertinya, orang-orang di El Salvador tak memiliki harapan atau kesempatan, dan menjadi anggota geng adalah satu-satunya pilihan yang nyata," lanjutnya.

Saat ini, El Salvador sebenarnya dalam kondisi darurat. Dari Januari hingga Agustus 2015 sudah terjadi lebih dari 4,246 kasus pembunuhan. Ya kalau dirata-rata, ada sekitar 17 orang dibunuh di negara tersebut.