Manusia baru mampu menyingkap beberapa persen aja dari luasnya dunia ini. Termasuk tumbuhan, para ilmuwan masih punya banyak sekali PR untuk menemukan hal-hal baru termasuk manfaat apa lagi yang bisa digali darinya. Belakangan, para ahli menemukan fakta yang cukup mengejutkan. Siapa menyangka jika tembakau punya kegunaan yang lebih dari sekedar bikin loe kelihatan makin mainly aja. Yup, there is something behind it.

Diketahui senyawa dalam tembakau ternyata mengandung Zmapp. Zat tersebut adalah semacam protein antibodi yang bisa melindungi tubuh penggunanya dari berbagai virus. Salah satunya adalah yang paling mematikan di dunia dan mungkin belum ada obatnya hingga saat ini. Yup, Ebola.

Well, ini nggak semudah dengan loe menghabiskan beberapa batang rokok dan kemudian bisa terhindar dari si virus ganas. It’s totally different! Dibutuhkan penelitian lebih lanjut tentang gimana penggunaan Zmapp tersebut. Apakah dijadikan semacam vaksin atau kah dengan metode medis yang lain.

© Shutterstock

Zmapp sendiri udah pernah diuji coba dan menampakkan hasil yang bagus. Hingga kini para peneliti masih terus mengembangkan gimana zat antibodi ini bisa benar-benar menangkal Ebola. Uniknya lagi, penggunaan Zmapp sendiri dikatakan jauh lebih rendah biaya dari pada metode yang lazim digunakan saat ini.

Well, kadang penyelesaian dari hal-hal rumit dan complicated malah hal-hal yang ada di sekitar kita. Kira-kira ada nggak nih manfaat lain dari tembakau?