Tahu nggak orang yang nggak ngebolehin loe meludah sembarang serta kencing tanpa di siram di Singapura? Taruhan nggak ada yang pernah tahu sosok fenomenal bagi negara kecil ini. Ia adalah Lee Kuan Yew atau yang sering dikenal juga dengan bapak pembangunan Singapura. Jika loe pertama kali mendengar nama ini, maka dipastikan ini juga jadi yang terakhir.

Setelah dikabarkan kritis, Lee akhirnya meninggal dunia hari ini pada pukul 03.18 waktu Singapura. Sebenarnya berita meninggalnya Perdana Menteri pertama Singapura ini udah digaungkan mulai Rabu lalu oleh sebuah situs nggak resmi. Tapi kemudian dibantah oleh pemerintah setempat dengan pernyataan kalau Lee masih dirawat di rumah sakit.

Meninggalnya Lee bisa dibilang sebagai kehilangan besar. Pasalnya, pemikiran kakek 91 tahun ini sangat brilian. Dulunya Singapura boleh jadi cuma negara kecil yang nggak berdaya. Bahkan pamornya kalah jauh dibanding Indonesia. Namun sejak tampuk kepemimpinan dipegang oleh Lee, Singapura jadi negara gila.

Nggak cuma pembangunan yang hebat dan pesat, negara ini menjadi salah satu yang paling stabil ekonominya se-ASEAN. Padahal secara geografis nggak lebih luas dari pada Jakarta. Bukti kalau Singapura hebat secara ekonomi adalah dinobatkannya Lee Hsien Loong sebagai pemimpin negara dengan gaji paling tinggi di dunia yakni USD 1,7 juta. Singapura juga jadi negara dengan pembiayaan hidup paling tinggi di dunia.

So cool, right? Pemerintah Singapura sendiri berencana ingin memberikan penghormatan terakhir yang sangat layak terhadap pahlawan era modern negeri singa ini. Well, semoga beristirahat dengan tenang. You’re very inspiring!