Pengguna drone yang kelihatannya canggih, trendi dan keren, kini tampaknya bakal diawasi makin ketat. Pasalnya, dua pesawat komersial nyaris menabrak drone saat akan mendarat di bandara John F. Kennedy di New York (31/7). Drone atau model pesawat itu hanya berjarak 100 kaki dari hidung JetBlue Flight 1843, di ketinggian sekitar 800-900 kaki pada pukul 14.24.
Pilot JetBlue segera melaporkan pada menara kontrol mengenai drone tersebut. Lalu kurang dari 3 jam kemudian, pada pukul 17.00, Delta Flight 407 yang membawa 154 penumpang dari Orlando, Florida melihat sebuah drone terbang hanya 100 kaki di bawah sayapnya.

Aturannya, pesawat tanpa awak seperti drone tersebut tak boleh terbang melebih 400 kaki. Itupun operatornya mesti melaporkan pada pejabat bandara kalau mereka menerbangkannya di radius lima mil dari bandara.
Memang kedua pesawat tak perlu melakukan tindakan yang bisa membahayakan keselamatan karena ‘berpapasan’ dengan drone tersebut. Keduanya mendarat dengan selamat. Tapi ahli penerbangan khawatir keberadaan drone seperti itu bisa membahayakan keselamatan pesawat. Drone bisa terhisap ke dalam mesin pesawat, dan ‘menghancurkan’ keduanya.
Seremmmm!