Kurang lebih udah lima bulan pemerintahan baru Jokowi-JK bergulir. Rasanya masih terlalu dini untuk menilai kinerja keduanya, plus masih belum terlihat realisasi janji yang dulu diorasikan saat pencalonan. Selama lima bulan tersebut pula banyak polemik yang terjadi. Misalnya nilai tukar rupiah yang melemah hingga harga-harga barang kebutuhan yang fluktuatif. Hal ini pun membuat rakyat sepertinya agak sedikit kecewa.

Kemudian muncul lah wacana tentang calon kepemimpinan baru setelah era keduanya usai. Agaknya SBY digadang menjadi calon yang paling pas untuk menjabat sebagai presiden untuk yang ketiga kalinya. Well, menurut undang-undang hal tersebut sangat memungkinkan terjadi, dan kini tergantung SBY sendiri gimana menerima hal tersebut.

Wakil Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR Herman Khaeron menyambut baik wacana ini. Hal ini pun jadi bukti kalau kepemimpinan SBY dirindukan di tengah banyaknya kontradiksi seperti sekarang ini. Juru bicara Presiden SBY, Julian Aldrin Pasha juga menyatakan bahwa nggak sedikit yang menginginkan lagi sosok SBY untuk maju menjadi presiden. Meskipun tanpa dikaitkan dengan kondisi dan situasi saat ini, ungkapnya.

SBY emang dikenal cukup dekat dengan rakyat, open minded dan juga wise. Hal tersebut bisa dilihat cukup intensnya sang mantan presiden memposting tulisan-tulisan pada timeline sosmednya. Ibu Ani juga masih cukup populer di Instagram dan bahkan beberapa kali mengadakan gathering.

Well, menurut loe gimana dengan wacana ini?