Merdeka.com --- Dalam era teknologi seperti sekarang ini, semua hal nampaknya dapat dihubungkan dengan internet seperti halnya apabila ingin melakukan pengaduan dan sejenisnya.

Hal itu pun dilakukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dengan merilis account-account di beberapa jejaring sosial, seperti YouTube, Twitter dan Facebookbeberapa bulan lalu.

Untuk lebih cepat tanggap mengerti apa yang dirasa dan diharapkan oleh masyarakat Indonesia, Presiden SBY akan mengoptimalkan pengaduan masyarakat mengenai berbagai masalah terkait bangsa kepada Kepala Negara dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi.

Dikutip dari buku buku "Satu Dasawarsa Membangun untuk Kesejahteraan Rakyat" diterbitkan oleh Sekretariat Kabinet yang dikutip dari Antara, Rabu (23/04), pada masa pemerintahan Presiden SBY , pengaduan masyarakat juga bisa dilakukan melalui pesan singkat per telepon selular dan juga media sosial.

Sejak dibuka pengaduan melalui SMS, hingga 2013 masuk sebanyak 3.511.393 SMS kepada Presiden. Sedangkan pengaduan melalui surat dengan alamat PO Box 9949 JKT 10000 sebanyak 114.276 surat.

Sementara itu, melalui akun Twitter @SBYudhoyono, Presiden dapat menyampaikan pandangan dan juga komentar mengenai sejumlah masalah nasional sekaligus bisa melihat respons masyarakat.

Melalui akun Fans Page dalam platform Facebook, Kepala Negara juga bisa menerima berbagai masukan masyarakat sekaligus Presiden bisa menyampaikan pikiran dan pandangannya.