Merdeka.com --- Di tahun 2014 ini, hampir semua netizen pasti mengenal atau bahkan sering menggunakan informasi yang tersedia di Wikipedia. Tetapi tahu kah Anda jika ada seorang pria yang mendedikasikan hidupnya untuk mengisi pengetahuan di situs penyedia informasi itu?

banner-ads

Sverker Johansson, penulis Wikipedia asal Swedia ini mungkin jarang dikenal orang. Tetapi jangan salah, selama tujuh tahun terakhir dia telah mempublikasikan artikel dengan jumlah yang mungkin tidak terbayangkan sebelumnya, yakni mencapai 2,7 juta artikel, Wall Street Journal (15/07).

Jutaan artikel itu diyakini mengisi sekitar 8,5 persen artikel yang ada di Wikipedia. Artikel-artikel buatannya juga mencakup banyak bidang, sebut saja biologi, bahasa, teknik sipil, ekonomi, hingga fisika!

Sayangnya, banyak penulis lain di Wikipedia yang mengkritik metode pembuatan artikel Johansson. Dia dinilai mempunyai kreativitas tinggi akibat menggunakan software bernama "bot" untuk membuat sebagian artikel miliknya. Bahkan program robot ini mampu mengambil data digital dari sumber lain lau menggabungkannya menjadi satu artikel. Johansson mengungkapkan bila banyak informasi yang masuk, per hari 'bot' bisa menghasilkan 10.000 artikel.

Pria berumur 53 tahun ini tak pelak menjadi penulis dengan rekor traffic yang jauh mengungguli penulis lainnya berkat jutaan artikelnya. Program yang sama seperti milik Johansson juga sering digunakan untuk memasukkan atau mengedit artikel di Wikipedia, bahkan diprediksi menjadi 'penulis' utama di situs ini di masa depan.