Dalam perkembangannya, internet makin bisa digunakan untuk mendukung apapun kegiatan manusia, bahkan termasuk mencari harta karun, seperti yang dilakukan oleh pria ini. Yup, pria asal Inggris bernama Howard Jones ini menggunakan Google Earth untuk menemukan benda-benda berharga tersebut.

Meksipun terlihat aneh dan nggak masuk akal, siapa yang nyangka jika Jones benar-benar menemukan beberapa titik penggalian yang potensial. Salah satunya adalah sebuah lokasi di South Ham, Inggris. Meskipun akhirnya nggak menemukan harta karun yang dimaksud, tapi mantan marinir ini berhasil menemukan pecahan logam dan gerabah yang diperkirakan berasal dari 5000 tahun yang lalu.

Nggak seperti para arkeolog yang selalu menetap beberapa waktu setelah menemukan lokasi penemuan, Jones malah berpindah-pindah. Ia lebih suka untuk mencari lokasi yang baru dengan mengamatinya menggunakan Google Earth.

Teknik yang dipakai oleh pria ini adalah dengan mengamati serta memprediksi tempat yang memiliki sumber air dan makanan. Nggak hanya mengandalkan Google Earth, ia juga membayangkan dirinya sebagai manusia purba yang tengah bertahan hidup.

Siapa yang menyangka jika cara tersebut efektif. Terbukti, ia beberapa kali menemukan benda-benda prasejarah di titik-titik lokasi yang dianggapnya benar. Karena kesuksesannya tersebut, kemudian ia mengajak salah satu orang temannya yang juga seorang ahli arkeolog.

Kerja sama ini ternyata berhasil menemukan suatu bangunan pertanian dari zaman besi.
Kedepannya, mereka berdua akan melakukan penelitian lebih lanjut dengan skala yang lebih besar lagi. Harapannya tentu aja ingin menemukan lebih banyak lagi benda-benda keren masa lalu.