Talkmen.com --- Bercukur merupakan ritual alamiah pria yang sangat sering dilakukan di pagi hari. Baik pria yang berjenggot, berkumis, maupun berjambang pasti akan setia melakukan hal ini. Bahkan sebagian pria yang tidak diberkahi dengan rambut khas pria ini pun tetap sering bercukur dengan alasan "agar cepat tumbuh". Bagi para pria yang sengaja menumbuhkan bulu-bulu di sekitar wajahnya juga selalu akrab dengan kegiatan bercukur, walaupun hanya untuk sekedar merapikan tatanan bulu pada janggut dan bagian-bagian wajah lainnya. Yeah, it's a part of our grooming routine, guys! Tapi tahukah Anda bahwa bercukur itu merupakan salah satu poin untuk menarik perhatian lawan jenis? Ya, sejatinya wanita lebih menyukai para pria yang tampil rapi dan bersih. Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa banyak juga wanita yang menyukai pria yang tampil rebel dengan kumis dan jenggot yang menutupi sebagian tubuhnya. Hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum bercukur adalah peralatan cukur Anda. Apakah Anda biasa menggunakan razor alias pisau cukur? Atau mungkin menggunakan electric shaver? Berbeda jenis peralatan cukur berarti berbeda pula hasil yang diinginkan. razor Peralatan paling sederhana yang bisa Anda pakai untuk melibas rambut atau bulu pada wajah Anda adalah dengan pisau cukur. Sederhana. Cara bercukur seperti ini disebut juga wet shaving, di mana Anda harus membasahi bagian-bagian bulu yang ingin Anda cukur. Mudah? Tidak juga karena dengan peralatan ini Anda harus lebih teliti dan berhati-hati dalam bercukur. Ingat, jika Anda ceroboh, Anda bisa saja terluka karena tergores oleh silet yang ada pada pisau cukur Anda. Untuk masalah harga memang relatif murah. Dengan kocek sebesar lima ribu rupiah, Anda sudah bisa membeli sebuah pisau cukur. Tapi tunggu dulu, jika Anda mementingkan keselamatan dan kenyamanan saat bercukur, Anda bisa membeli beberapa jenis pisau cukur yang berbentuk aerodinamis, dilengkapi dengan lebih dari tiga mata pisau bahkan hingga lima mata pisau yang bisa membuat Anda nyaman saat bercukur dan memberikan hasil yang maksimal, tentunya dengan harga yang lebih mahal. Pengguna pisau cukur biasanya adalah pria yang cenderung ingin tampil bersih setelah bercukur. Wajah Anda akan tampak licin dan cenderung membuat Anda terlihat lebih muda karena tidak ada bulu-bulu sedikitpun pada wajah Anda. Di beberapa barbershop, Anda juga akan melihat jasa yang satu ini. Ya, jasa shaving dengan pisau cukur yang khas dan terkonsep tradisional. Bulu-bulu Anda akan terlebih dahulu dilapisi dengan sebuah cairan ataupun foam, lalu barulah proses mencukur ini dimulai.
"Gue sih selalu pake razor. Lebih kelihatan hasilnya, dan kerasa lebih rapi. Kebetulan istri gue nggak suka kalo gue kumisan, jadi gue cukuran tiap dua sampe tiga hari sekali." -Arfan, 29 tahun, Digital Strategist-
electric Peralatan yang satu ini memang terkesan sangat modern. Dengan model yang terus berkembang, electric shaver menawarkan sisi praktis dan efisien dalam penjualan mereka. Menggunakan electric shaver memang simple dan tidak memakan waktu. Anda juga bisa melakukannya dimana saja, bahkan di perjalanan ke kantor sekalipun. Dari segi harga, electric shaver memang jauh dari harga saudara tuanya. Harga mereka dimulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Banyak sekali beberapa merek elektronik ternama yang ikut berkecimpung di dunia produksi electric shaver. Kenapa? Karena ini adalah sebuah peluang bisnis yang cukup menjanjikan di masa modern, dimana orang sudah tidak ada waktu untuk berlama-lama di depan kaca untuk bercukur. Pemakaian electric shaver juga bisa dikatakan simple. Anda tidak perlu memakai foam atau cairan-cairan untuk mempermudah proses bercukur Anda. Cukup nyalakan electric shaver Anda, lalu cukurlah bagian-bagian yang ingin Anda cukur. Yeah, as simple as that! Para pengguna electric shaver biasanya adalah para pria yang mungkin cukup sibuk dan tidak banyak memiliki waktu luang di pagi hari. Bukan hanya itu saja, bisa jadi karena Anda adalah seorang penggemar two or three day shadow beard, dimana Anda tetap ingin bulu-bulu halus yang pendek tetap menghiasi wajah Anda agar terlihat lebih manly.
"Electric shaver jadi pilihan gue karena gue bukan tipe orang yang suka ribet. Harganya juga masih masuk akal kok. Lagipula bisa gue pake dimana aja." -Dennis, 27 tahun, Marketing Manager-
Diantara kedua pilihan tersebut, mana yang menjadi pilihan Anda? Razor or electric shaver? Tidak ada yang lebih baik, dan tidak ada yang lebih buruk. Semuanya tergantung kebutuhan Anda masing-masing, baik dari segi efisiensi waktu, dari segi hasil, maupun dari segi harga. Well, the choice is yours, mate!