Meskipun menunjukkan kualitas yang mumpuni dan juga menuai banyak pujian saat menggunakan baju kebesaran Barcelona, Lionel Messi mendapatkan banyak kritikan pedas dari negara asalnya Argentina. Salah satu kritikan tajam tersebut datang dari Ricardo Lombardi.

Ricardo Lombardi yang merupakan pelatih klub local Primera B Argentina Tristán Suárez  ini juga sudah pernah mengkritik AFA (Federasi Sepakbola Argentina), karena memberikan kekuasaan yang besar terhadap Messi di dalam tim La Albiceleste. Kini pelatih yang berumur 52 tahun ini menyalahkan Messi saat Argentina gagal menjadi juara pada Piala Dunia 2014 lalu.

“Menurut saya kegagalan Argentina bukan salah Sergio Batista, Jose Pekerman, Alejandro Sabella ataupun Diego Maradona, tetapi Messi seharusnya dapat membuat kita juara,” ujar Lombardi seperti yang dilansir  situs Elcomercio.

Tak hanya itu, pelatih yang bernama lengkap Ricardo Daniel Caruso Lombardi ini juga mengatakan, “Saya mengizinkan mereka untuk bermain baik maupun buruk, sederhana saja, bahwa kita tidak pernah mendapatkan kesempatan menjuarai Piala Dunia dibandingkan dengan tahun ini.”

“Jika Messi tidak memiliki keinginan untuk bermain di final Piala Dunia, lebih baik Messi bermain golf saja,” kritik Lombardi.