Meskipun gaungnya mulai senyap, tapi keberadaan para begal tetap aja bikin para pengemudi tetep parno kalau lewat jalan sepi dan sendirian. Kamu juga masih ngeri dengan aksi para kriminal ini? Sepertinya kali ini kamu bakal sedikit lega karena adanya aplikasi unik yang bikin kamu selamat dari para begal sadis.

Bandung juga kerap kali dijadikan tempat aksi para begal. Untuk meminimalisir hal tersebut, sang Walikota kebanggaan, Ridwan Kamil, meluncurkan  sebuah aplikasi android dengan tajuk Tombol Panik. Seperti namanya, app unik ini menjembatani para polisi yang bakal sigap langsung mendatangi lokasi tempat kejadian perkara begitu user menggunakannya. Keren, ya?

Penggunaannya sama sekali nggak ribet kok, kerena emang tujuannya digunakan untuk hal-hal darurat. Ketika aplikasinya udah ter-install, maka di antar mukanya bakal terdapat sebuah gambar tombol merah besar bertuliskan SOS. Penggunaannya cukup tekan tiga  kali dan bakal langsung terhubung ke nomor polisi terdekat dengan lokasimu. Bisa juga kok di-custom untuk menghubungi nomor lain misalnya aja keluarga atau teman.

Untungnya Ridwan Kamil udah menyiapkan prosedur aman biar aplikasi ini nggak digunakan secara sembarangan. Agar bisa menggunakan semua fitur yang ada di Tombol Panik, terlebih dahulu harus daftar ke salah satu provider telekomunikasi yang bekerja sama dengan Pemkot Bandung. That’s all, dan kamu bakal merasa sedikit lebih aman sekarang.

Aplikasi keren ini sepertinya bakal bermanfaat banget jika diimplementasikan ke banyak kota lain, khususnya yang rawan begal. Meskipun sederhana, tapi idenya brilian banget. Good job, Sir!