Facebook sepertinya tengah on fire dengan merilis deretan apps yang keren. Salah satunya adalah Riff yang memungkinkan para para user untuk membuat video pendek berdurasi 20 detik dan kemudian membaginya. Sekilas emang mirip dengan aplikasi sejenis misalnya Vine atau Snapchat, tapi Riff sendiri adalah karya original dari Creative Labs.

Meskipun secara teknis nggak ada bedanya, tapi Riff punya keunikannya sendiri tuh. Misalnya membuat topik baru yang tujuannya untuk memancing user lain dalam friend list agar membuat video sendiri dengan tema yang sejenis. Nantinya ini bakal menjadi satu rangkaian yang panjang sekali, tergantung dari seberapa banyak user yang menambahkan videonya.

Dengan tujuan untuk memancing kreativitas, apps ini emang worth it banget untuk dicoba. Keunikan lain Riff adalah loe nggak bakal kehilangan satu video pun, karena setiap temen memposting sebuah video, loe bakal dapat notifikasi. Rantai ini bakal berakhir kalau nggak ada lagi yang memposting video baru. Hmm, lumayan unik tuh!

Facebook sama sekali belum terpikir untuk membuat Riff sebagai sesuatu yang bisa menghasilkan uang. Josh Miller selaku Produk Manajer Riff mengatakan tujuan Facebook adalah mengetahui habit yang sering dilakukan oleh user dan juga mengetahui gimana sebuah video bisa menjadi sesuatu yang viral. Ingat ice bucket challenge? Hal-hal seperti itu yang kurang lebih ingin dibikin oleh Mark Zuckerberg.

Penasaran pengen nyobain? Riff udah ada untuk iOS dan juga android kok. Try it out!