Meme menjadi hal yang lumrah ditemui di media sosial saat ini. Kamu pasti tahu banget deh bahkan ketawa terbahak ketika membacanya. Tapi, apa kamu tahu kapan pertama kali guyonan itu muncul di internet?

Meme sebenarnya adalah ungkapan ekspresi seseorang yang diungkapkan lewat gambar-gambar. Tapi makin canggih teknologi maka banyak yang dibuat ke bentuk digital. Guyonan model ini sebenarnya udah ada sejak dulu. Tapi, lebih banyak ditumpahkan di media cetak.

Istilah meme sendiri menurut buku yang ditulis oleh Clinton Richard Dawkins berjudul The Selfish Gene, berasal dari bahasa Yunani Mimemem yang artinya adalah menyerupai atau menirukan. Kamu pasti sering deh liat meme dengan template yang sama tapi diotak atik isinya sehingga beda isinya. Itulah yang diartikan menyerupai atau menirukan oleh Darwin.

Sedangkan perkembangan meme di Indonesia dimulai sekitar lima tahun yang lalu. Berawal dari munculnya forum-forum diskusi di internet hingga akhirnya berujung dengan banyak dibuatnya meme versi dalam negeri.

Semakin lama, penggunaan meme menjadi beragam. Tapi, emang kebanyakan adalah untuk mengkritisi apa yang sedang terjadi saat ini. Misalnya ketika Ceu Popong kehilangan palunya, hingga guyonan tentang artis-artis.

Orang-orang Indonesia emang kreatif banget dalam membuat meme. Saking kreatifnya, bahkan pernah ada kasus penjiplakan hasil kreasi anak bangsa oleh orang Jepang. Sepertinya, fenomena meme ini nggak bakal segera menghilang. Pasalnya, informasi nggak bakal tetap sama tiap harinya, jadi masih memungkinkan banget deh untuk dijadikan bahan guyonan unik ini.