Julukan dekat dengan wong cilik yang disematkan kepada Jokowi bukan tanpa alasan. Orang nomor satu Indonesia ini emang dikenal mempunyai atittude yang beda dari pemimpin kebanyakan. Misalnya dari cara bicara yang masih menyisakan logat Jawa hingga perilaku unik yang bikin heran. Seperti misalnya, ketika ia mencium tangan Megawati beberapa waktu lalu. Jokowi seperti menegaskan kalau bahkan presiden pun harus hormat kepada yang lebih tua.

Tentunya nggak cuma itu, Bro. Berikut beberapa perilaku unik presiden yang sempat tertangkap kamera.

Salaman Sambil Membungkuk ke Priyo Budi Santoso

© Merdeka

Adat Jawa emang udah jadi pakem Jokowi dalam menjalani hidup. Begitu ketemu mereka yang lebih tua, ia nggak sungkan untuk memberikan hormat penuh. Seperti halnya ketika ia bertemu dengan politisi Golkar, Priyo Budi Santoso ketika masih menjabat sebagai gubernur. Tanpa sungkan, Jokowi langsung bersalaman dengan Budi sambil membungkukkan badan. Nggak pelak hal ini jadi trending topic di Twitter kala itu.

Tuangkan Air ke Gelas Aher

© Merdeka

Pemandangan super unik ini terlihat ketika sang presiden berkunjung ke Bandung. Pada sebuah acara, terlihat Jokowi menuangkan air ke gelas Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan. Mana ada sih presiden yang mau nuangin minum bawahannya selain mantan Wali Kota Solo ini? Jokowi juga pernah tuh menuangkan air minum ke gelas Megawati saat menghadiri kongres PDIP ke IV di Bali beberapa waktu lalu. Komentarnya, Bro?

Cium Tangan Megawati

© Merdeka

Sekali lagi Jokowi memperlihatkan kalau dirinya memegang teguh adat Jawa. Begitu bertemu yang lebih tua, langsung cium tangan. Seperti yang dilakukannya beberapa kali ketika bertemu dengan Megawati. Presiden yang bakal segera mantu ini mengatakan jika hal tersebut adalah sesuatu yang wajar buat orang Jawa. Nggak masalah sih, asal bukan karena maksud lain aja Pak!

Taruhan deh kalau loe nggak bakal menemukan presiden dengan perilaku keren seperti ini. Mudah-mudahan kinerjanya juga keren dan bisa bikin sejahtera lagi seperti seperti dulu.