Logo emang sebagai salah satu pendukung yang harus ada dalam setiap bisnis. Logo menjadi semacam ikon yang bakal membuat orang menjadi lebih mudah mengingat suatu produk. Karena keberadaan logo yang sangat penting serta semakin banyak produk baru bermunculan, maka nggak heran jika banyak pula logo yang punya desain hampir sama.

Misalnya jika kamu perhatikan logo Starbucks hampir nggak ada bedanya dengan Pecel Lele Lela. Hal tersebut tentu menimbulkan masalah sendiri untuk dua brand tersebut.

Ternyata nggak hanya itu aja lho kasus kesamaan logo yang bikin geger. Berikut ini adalah daftar kasus yang serupa.

Apple dengan warung kopi Jerman

Pabrikan ponsel premiun tersebut pernah dibuat galau dengan salah satu logo warung kopi Jerman pada tahun 2011 yang lalu. Pasalnya logo kedai yang bernama Apfelkind tersebut mirip banget dengan logo Apple. Meskipun pihak Apple menggugat pemilik Apfelkind untuk mengganti logo, namun Romer selaku pemilik menolak untuk melakukan itu.

Apple dengan perusahaan makan China

Buah apel sepertinya jadi logo favorit sebagian usaha ya. Nggak hanya di Jerman aja nih, di China juga ada sebuah perusahaan makanan yang menggunakan simbol apel sebagai logo tempat usahanya. Mengetahui hal tersebut, kemudian Apple melayangkan gugatan perihal penggunaan logo buah apel. Namun Zhao Yi, pemilik perusahaan makanan yang bernama Fangguo Food tersebut dengan tegas menolak gugatan Apple tersebut.

Lamborghini dan restoran di Las Vegas

Perusahaan mobil mewah tersebut melayangkan gugatan kepada pemilik restoran yang ada di Las Vegas. Seperti yang udah-udah, gugatan tersebut karena restoran yang bernama Dal Toro II ini menggunakan logo yang mirip banget dengan milik Lamborghini.

Semakin banyak jenis produk sepertinya bikin orang makin nggak kreatif ya.