Siapa yang enggak kenal sama Superman, tokoh superhero keluaran DC ini jadi ikon budaya melambangkan kekuatan Amerika, sejak awal kemunculannya di tahun 1932, bro. Tak heran, pencinta Superman ada di tiap generasi. Di Indonesia para pencinta superhero berseragam biru dan merah ini, tergabung ke dalam komunitas yang dinamain Superman Fans of Indonesia (SFoI).

Komunitas SFoI dibentuk sejak 27 Agustus 2010 diprakarsai oleh Ryo Diposayoga (40thn). Awalnya, tutur Ryo, tahun 2004 komunitas ini masih bernama Komunitas Kolektor Superman. Dan pada 2006 ketika film Superman Return beredar, komunitas ini justru vakum. Namun, hasratnya untuk menghidupkan kembali komunitasnya tidaklah surut.

"Saat layanan blackberry booming di tahun 2008-2009, saya iseng untuk membuat grup bb ini, yaitu grup Superman Fanatic. Isinya sekitar 8 orang, di antaranya Bayu, Marcelino, Imam Wibowo, Iwang, Adji Wibowo, Ivan Ray, Norman, Doddy, Yopie dan Fandi," kata Ryo.
Terus, dari 8 orang yang berhasil ia kumpulkan, yang ia sebut co-founder ini, berusaha untuk mencari teman-teman yang sehobi untuk diajak bergabung. Setelah berhasil mengumpulkan anggota lainnya, mereka pun mendeklarasikan komunitas tersebut, dengan nama baru, yaitu Superman Fans of Indonesia bertepatan dengan perayaan 75th years DC Comics, di Senayan City.

Misi dari terbentuknya komunitas ini, menurut Ryo cukup sederhana yaitu mengumpulkan sesama kolektor dan pencinta Superman, jadi sarana melakukan aktivitas, hiburan dan tempat berkumpul anggotanya. SFoI saat ini beranggotakan sekitar 100 orang berstatus aktif dan 3.500 anggota dari seluruh Indonesia yang tergabung dalam komunitas di facebook.

Selain kegiatan kumpul dengan anggota SfoI, ada kegiatan lain yang cukup beragam, di antaranya rutin terlibat di Toys Fair tahunan di Jakarta, melakukan acara baksos setiap Ramadhan dan melakukan acara donor darah. Wess... yahud ya bro...

Tidak hanya itu mereka juga rutin melakukan event gathering tingkat regional dan nasional. Baru-baru ini mereka berkumpul pada 29-30 Agustus 2015. Sampai saat ini region yang telah berhasil dibentuk yaitu, Jakarta Headquarters, Bandung Region, Manado Region, Jogja Region dan Surabaya Region. Tiap region dipimpin "Lurah".

"5 lurah region yang ada , saya di Jakarta, Buddy di Bandung, Agus di Jogja, Loewijk di Manado dan Nyoman di Surabaya," ujarnya.

Selain kegiatan yang beragam, SFoI juga menawarkan keuntungan bagi para anggotanya. Menurut Ryo, selain dapat menambah teman, para anggota dapat mengetahui update info tentang Superman stuff yang ada di pasaran dan cara mendapatkannya. Ryo berharap komunitas SfoI semakin bertambah dan berguna bagi para anggota dan masyarakat luas pada umumnya.