Teknoup.com --- Dunia smartwatch akan semakin ramai pada tahun 2014. Kali ini giliran Google yang diketahui sedang menyiapkan smartwatch bekerja sama dengan LG, rekanan Google dalam membuat smartphone seri Nexus.

Kabar kerjasama ini diungkap oleh akun @evleaks baru-baru ini. Cuitan @evleaks mengungkapkan smartwatch buatan Google yang dibuat oleh LG tersebut akan dirilis pada acara Google I/O yang berlangsung pada bulan Juni mendatang.

Selain dari @evleaks, kabar mengenai rencana Google yang bekerjasama dengan LG untuk membuat smartwatch ini juga diungkap oleh CNet dari seorang sumber yang dekat dengan hal tersebut. Menurut sumber CNet, Google berencana mengungkap keberadaan smartwatch tersebut pada bulan Maret mendatang dan akan dirilis bulan Juni seperti disebut oleh @evleaks.

Pasar smartwatch saat ini masih terbatas namun dinilai akan berkembang pesat. Menurut Juniper Research, pasar smartwatch akan mencapai 19 miliar dolar di tahun 2018.

Google mendesain smartwatch miliknya serupa dengan Google Glass. Smartwatch tersebut akan dilengkapi Google Now dan fitur pencarian khas Google. Smartwatch ini disebut-sebut memakai materia plastik dan layar LCD warna yang 'terlihat seperti smartphone murah'. Pernyataan ini kemungkinan diakibatkan oleh resolusi layarnya yang rendah seperti smartphone kelas dasar. Jam ini juga bisa dipasangkan ke smartphone Android namun tidak disebutkan adanya dukungan untuk platform iOS, WP8, atau lainnya. Jam ini dikatakan bisa menampilkan notifikasi dan peringatan Google Now, namun saat ini belum bisa menjalankan aplikasi dari pihak ketiga.