Talkmen.com --- Wisata-wisata Tersembunyi di Indonesia. Harta karun berbentuk bermacam keindahan.

Indonesia kaya akan kekayaan alam. Bukan hanya hasil bumi atau rempah-rempah, tapi juga geografis alam yang indah.

Indonesia sangat terkenal sebagai salah satu negara yang memiliki ribuan pulau dengan gugusan pulau yang cantik. Beriklim tropis, salah satu alasan mengapa Indonesia memiliki banyak sekali jenis flora dan fauna yang bertumbuh kembang dengan baik, dan juga bentuk geografis yang menarik.

Indonesia juga terkenal dengan tempat-tempat wisatanya. Sebagai contoh adalah Bali. Bali sudah menjadi destinasi liburan yang amat sangat mainstream baik untuk warga lokal maupun para turis. Destinasi berikutnya jatuh di pulau yang tidak jauh dari Bali, yaitu pulau Lombok. Pulau Lombok yang memiliki beberapa tempat wisata juga sekarang ini sudah semakin ramai dikuasai para turis.

Disaat seperti inilah sebagian traveler mencoba mencari beberapa surga tersembunyi untuk dikunjungi dan dilestarikan bersama. Dari sekian banyak tempat menarik di Indonesia, sepertinya ada beberapa tempat yang menunggu untuk didatangi, seperti sebuah surga yang asing dan tidak banyak diketahui keberadaannya oleh masyarakat.

Pulau Kakaban

Pulau Kakaban, pulau yang memiliki danau ubur-ubur terbesar  

Pulau Kakaban berada di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. Danau air tawar yang berada ditengah pulau kakaban amat sangat menarik untuk dikunjungi. Di pulau Kakaban sendiri ada beberapa flora ataupun fauna yang berubah atau berevolusi karena menyesuaikan diri dengan lingkungan yang ada disekitarnya, antara lain adalah ubur-ubur dan beberapa biota laut lainnya.

Ubur-ubur yang ada di kakaban sangat terkenal hingga ke penjuru dunia, karena ubur-ubur ini tidak menyengat sama sekali. Kemampuan menyengat ubur-ubur ini diyakini menurun bahkan mungkin menghilang seiring dengan evolusi yang terjadi berdasarkan faktor lingkungannya dimana tidak banyak predator yang mengincar, sehingga daya proteksi diri sang ubur-ubur menurun drastis. Jadi Anda bisa berenang tanpa harus takut dengan serangan dan sengatan ubur-ubur.

Terdapat beberapa jenis ubur-ubur yang menghuni danau di pulau kakaban ini, yaitu ubur-ubur bulan (Aurelia aurita), ubur-ubur kotak (Tripedalia cystophora), ubur-ubur totol (Mastigias papua), dan juga ubur-ubur terbalik (Cassiopea omate) yang terdapat di dasar danau dengan posisi tentakel berada diatas. Benar-benar unik! Dan sewajarnya kita bangga sebagai orang Indonesia yang memiliki pulau mengesankan ini, karena pulau dengan ubur-ubur langka ini karena mereka hanya terdapat di dua tempat di dunia, yaitu di Kepulauan Derawan ini dan satu lagi terdapat di Jellyfish Lake, Mikronesia. Bedanya adalah Jellyfish Lake hanya memiliki dua jenis ubur-ubur, sedangkan Kakaban memiliki empat jenis.

Selain berenang besama ubur-ubur, hal lain yang harus kita coba disana adalah menunggu malam untuk melihat ubur-ubur dan bermacam-macam biota laut lainnya untuk mengeluarkan cahaya warna-warni dan menghasilkan pemandangan yang sangat bagus.

Pulau Sempu, Malang

Segara Anak, Laguna cantik di Pulau Sempu  

Pulau Sempu adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah selatan Pulau Jawa. Pulau yang masih masuk dalam teritorial Kabupaten Malang ini sebenarnya adalah sebuah kawasan cagar alam. Tapi dengan laguna dan pemandangan yang amat sangat menyenangkan, pulau sempu akhirnya menjadi tempat berlibur yang menjanjikan kenyamanan dan menyuguhkan suasana yang tenang dan damai, layaknya memiliki sebuah pulau pribadi.

Perjalanan menuju ke Pulau Sempu bisa kita tempuh melalui pantai sendang biru yang terletak di Malang. Menyebrang ke pulau sempu biasanya menggunakan perahu milik nelayan setempat. Pulau sempu memang masih benar-benar menyajikan alam bebas dan udara yang segar. Tapi Anda juga harus menghindari beberapa titik di pulau ini. Mengingat pulau ini adalah cagar alam, dikabarkan ada beberapa jenis hewan buas yang hidup bebas di pulau sebesar 877 hektar ini. Contohnya adalah macan tutul, macan kumbang, beberapa jenis kera, serta ular sanca bodo sepanjang tiga meter yang disita dari Banyuwangi.

Tapi saat ini Anda dipastikan akan berdesak-desakan di pulau indah tersebut mengingat mulai banyaknya orang yang datang kesana. Pemandangan Anda mulai terfokus kepada puluhan tenda dan sampah yang berserakan. Pulau sempu sendiri dulunya dijaga ketat oleh basis militer mengingat pulau ini adalah sebuah kawasan cagar alam yang dilindungi oleh pemerintah. Tapi cagar alam ini sekarang mulai terusik dengan kedatangan tangan-tangan jahil yang tidak bertanggung jawab.

Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat

Salah satu wisata bahari terbaik di dunia  

Sekarang ini hampir semua orang di dunia mengenal nama Raja Ampat. Sebuah kabupaten di Papua Barat yang memiliki 610 pulau ini memiliki laut yang sangat cantik dan bersih. Raja Ampat juga dikenal dengan salah satu wisata bahari terbaik di dunia. Bagaimana tidak? Dengan air yang sangat bersih dan ribuan flora dan fauna laut yang cantik. Belum lagi dengan ribuan terumbu karang dengan persentasi hidup sekitar 90% yang menawan dan jarang sekali ditemui dimanapun.

Letaknya yang terpencil membuat kepulauan ini menyimpan jutaan keindahan laut yang tidak pernah diduga sebelumnya. Untuk kepentingan menyelam, kepulauan ini tidak bisa kita ragukan lagi, karena kepulauan ini merupakan spot penyelaman terbaik nomor tiga di dunia. Lengkap dengan pemandangan terumbu karang dan biota-biota laut yang cantik dan langka seperti kuda laut katai, wobbegong, ikan pari manta, dan juga ikan indemik kawasan raja ampat yaitu sejenis ikan gobbie bernama Eviota raja. Diperkirakan ada sekitar 1511 jenis ikan, 700 jenis moluska, dan 540 jenis karang yang hidup dan berkembang di Raja Ampat.

Kita juga bisa menikmati wisata lainnya di Raja Ampat seperti wisata ke gua-gua yang dibuat saat masa perang dunia II, bahkan bunker-bunker yang dibuat oleh pasukan Belanda dan Jepang. Kita juga bisa melihat sisa-sisa pesawat yang karam di sekitar raja ampat. Dan yang paling menjadi pertanyaan besar adalah peninggalan prasejarah yang ada di raja ampat yang berbentuk cap tangan yang ada di dinding-dinding karang yang diperkirakan usianya sudah sekitar 50.000 tahun.  

Pulau Morotai, Maluku Utara

Melihat langsung sisa-sisa Perang Dunia II di Pulau Morortai  

Pulau yang terdapat di Maluku Utara ini terkenal dengan keindahan pasir putihnya. Tapi jangan lupakan nuansa perang dunia II yang amat sangat kental di pulau ini. Itu karena pulau ini adalah lokasi terjadinya perang antara sekutu dan Jepang. Wisata-wisata bernuansa perang lain juga banyak tersebar di Morotai. Sebagai contoh, kalian bisa menikmati penyelaman sambil melihat bangkai-bangkai kapal yang ada di perairan sekitar Morotai.

Morotai memiliki beberapa pulau menarik yang bisa dikunjungi, Ada dua pulau yang menjadi pulau yang menjadi favorit para pengunjung, yaitu Pulau Zum-zum dan Pulau Dodola. Pulau Zum-zum memiliki goa dan monumen yang dahulunya dipakai oleh Jenderal Mac Arthur untuk mengatur strategi untuk menyerang Jepang. Sedangkan Pulau Dodola adalah pulau kecil yang cantik dan berpasir putih. Tidak seperti Pulau Zum-zum yang lebih berbau wisata perang, Pulau Dodola ini lebih mengarah ke pulau untuk destinasi liburan atau bulan madu, dan tersedia beberapa penginapan disana.

Pulau Komodo

Pulau Komodo memiliki peninggalan purbakala yang sangat mengesankan  

Pulau habitat asli salah satu kadal raksasa peninggalan purbakala ini merupakan salah satu spot menarik untuk dikunjungi. Dimana di pulau ini terdapat Taman Nasional Komodo yang menjadi rumah bagi sang penduduk asli pulau ini, yaitu komodo. Pulau ini memang sangat pantas untuk menjadi salah satu keajaiban dunia, dimana hewan langka seperti komodo masih hidup dengan baik di pulau ini dan berjumlah 2500 ekor.

Selain komodo, kita juga bisa menikmati keindahan alam lainnya di sekitar pula komodo ini, seperti pink beach yang namanya sudah mulai terkenal sebagai salah satu pantai unik di dunia. Dimana pasir yang ada di pantai ini benar-benar berwarna merah muda. Hal ini disebabkan oleh pecahan koral berwarna merah yang tercampur dengan pasir putih pantai ini sehingga menghasilkan warna yang tidak biasa untuk sebuah pasir pantai.

Di perairan pulau komodo juga tidak kalah menarik dengan pantainya. Perairan pulau Komodo ini juga memiliki biota air yang menarik dan beragam jenisnya. Kurang lebih ada 253 jenis terumbu karang, 70 jenis sponge, dan ribuan jenis ikan, termasuk ikan-ikan seperti hiu, paus, dugong, dan berbagai hewan lain yang jarang ditemui.