banner-ads

Nggak semua orang jago Geografi dan nggak semua orang juga ingat berapa jumlah pulau yang ada di Indonesia saat ini. Terakhir yang loe ingat, berapa jumlah pulau yang ada di Indonesia?

Pemerintah Indonesia sepanjang tahun 2016 kemarin sudah melakukan penertiban pulau-pulau yang ada di Nusantara nih bro. Penertiban ini berarti pembakuan jumlahnya secara mendetail.

Ini jadi penting supaya nggak ada satupun pulau kita lagi yang diakui oleh negara lain. Dan juga sebagai bentuk kekuatan Indonesia sebagai bangsa yang berdaulat.



Nah, dari penertiban itu diketahui bahwa jumlah pulau di Indonesia sepanjang 2016 adalah 14.572 pulau. Jumlah ini bertambah setelah beberapa pulau berhasil dimasukkan ke dalam data resmi pemerintah dan beberapa yang lainnya memang sudah ditetapkan oleh PBB.

Jumlah ini kemudian akan didepositkan secara resmi oleh pemerintah Indonesia di SIdang United Nation Groups of Experts on Geographical Names di New York pada Agustus nanti. Supaya pulau-pulau yang sudah didata di tahun 2016 bisa resmi jadi bagian dari NKRI.

Pemerintah juga akan menyiapkan nama-nama resmi dari pulau-pulau tersebut. Juga akan mulai dikembangkan sebagai objek wisata. Cool!