Merdeka.com - Teknologi informasi (TI) sangat penting dan sekarang ini dibutuhkan oleh banyak orang. Dengan kemajuan TI, maka dapat secara tidak langsung membentengi negara dari pengaruh asing.

Menkominfo Tifatul Sembiring dalam acara pembukaan Pekan Informasi Nasional (PIN) ke-6 di Kompleks GOR Agus Salim Padang, menyatakan bahwa sekarang ini teknologi informasi atau TI sudah dan terus berkembang sampai ke pelosok desa.

"Kita tidak bisa terlepas dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di era modern ini, karena sudah sampai ke desa-desa orang mengakses internet," jelas Tifatul, seperti dikutip dari Antara (24/05).

Tifatul juga menjelaskan bahwa dengan kemajuan teknologi informasi seperti sekarang ini, diharapkan agar seluruh komponen masyarakat dapat bersatu tidak hanya dari segi infrastrukturnya saja melainkan secara hati.

"Masyarakat terluar di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ini harus tersentuh dengan perkembangan informasi, sehingga dapat bersatu secara hati dan fisik untuk menjaga keutuhan NKRI," katanya.

Menurut dia, kalau kita tak pandai memanfaatkan kemajuan teknologi informasi tentu dapat membuat masyarakat terpengaruh oleh budaya asing.