Beberapa tempat di dunia pernah menjadi saksi bisu kejadian paling kelam sepanjang sejarah manusia. Mulai dari bekas tempat pembantaian, hingga yang pernah dihancurkan oleh bencana alam. Kadang mereka yang udah lama mati itu kerap menunjukkan tanda-tanda yang makin memperkuat keyakinan jika tempat-tempat tersebut emang menyimpan kengerian.

Meskipun ngeri, nggak ada salahnya jika kamu mengunjungi tempat-tempat tersebut sebagai sarana edukasi atau pun uji nyali. Siap-siap begidik begitu menyimak spot senam jantung berikut berikut.

Kigali Genocide Memorial Centre, Rwanda

Tempat ini sekarang menjadi salah satu destinasi wisata unik di Rwanda. Bukan karena pemandangannya yang menyejukkan mata atau tersaji restoran mewah, tapi karena Kigali menyimpan sejarah yang cukup kelam. Dipastikan Kigali Genocide Memorial Centre adalah tempat pembantaian ribuan hingga jutaan orang. Jika beruntung kamu juga bakal mendengar suara senyap lembut dari sesuatu yang nggak bisa dilihat mata.

Pompeii, Italia

Sejarah pernah mencatat ribuan bencana yang pernah melanda dunia. Salah satu yang paling terkenal adalah letusan gunung Vesuvius yang menghancurkan kota Pompeii dan segala keindahannya. Jejak eksistensi penduduknya pun bisa kamu lihat lewat sosok mayat yang udah membatu karena lapisan lava. Kadang beberapa orang masih mendengar suara jeritan yang sepertinya menggambarkan kekalutan saat itu. Wih, serem!

Okpo Land, Korea Selatan

Nggak ada yang salah dengan tempat ini, bahkan Okpo Land dulunya adalah taman bermain favorit penduduk Korea Selatan. Namun beberapa kejadian nggak masuk akal seperti meninggalnya orang-orang yang bermain di dalamnya, membuat tempat ini ditutup untuk selamanya. Okpo Land sebenarnya punya view yang keren dan berasa pulau pribadi, tapi sepertinya kamu bakal mendapat teman baru ketika mengunjungi tempat ini.

Butuh lebih dari sekedar nyali untuk mengunjungi tempat-tempat di atas. How about you, Guys?