Bumi terbagi menjadi puluhan negara yang masing-masing hidup berdampingan. Nah namanya tetangga, pasti sering dong sekali atau dua kali melakukan hal-hal yang kurang menyenangkan. Hal yang sama pun juga dialami oleh negara ini. Tercatat, beberapa negara yang berdampingan dengan Indonesia ini pernah melakukan masalah yang cukup bikin pemerintah mengelus dada.

banner-ads

Siapa aja sih? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Papua Nugini

Meskipun jarang diliput media, tapi sebenarnya ada banyak kezaliman yang dilakukan oleh oknum yang berasal dari Papua Nugini ini terhadap Indonesia. Misalnya aja mereka sering melanggar batas terbang hingga berencana mengusir duta besar RI dari Port Moresby. Bahkan yang paling hangat adalah kasus pembakaran kapal milik nelayan Indonesia padahal mereka sama sekali nggak melanggar batas negara.

Malaysia

Permusuhan antara Indonesia dan Malaysia ini udah nggak bisa diungkapkan dengan kata-kata lagi. Banyak sekali ulah yang dilakukan oleh negeri jiran ini meskipun mereka mengaku saudara serumpun. Masih belum lupa kasus klaim berbagai adat dan budaya hingga kekerasan pada para TKI. Meskipun begitu, pemerintah sepertinya masih bisa meredamnya dengan jalan demokrasi dan dialog.

Australia

Pasti masing ingat dong dengan ulah tetangga yang satu ini? Yup, beberapa waktu yang lalu Australia ketahuan menyadap line telepon pribadi mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Seperti biasa, hal ini bisa diselesaikan dengan jalan musyawarah.

Ke depannya, pemerintah mesti tegas dan harus ada hukum yang mengatur jika salah satu tetangga ini berbuat hal-hal di luar batas.