Radio bisa dibilang teman "abadi" banyak kalangan di seluruh belahan dunia. Nggak cuma buat sekedar mendengarkan lagu saja tapi juga masih jadi sumber informasi favorit. Terutama kalau sedang berada dalam mobil. Tapi Norwegia mengambil langkah besar bro.

Rencananya minggu depan ini pemerintah Norwegia akan menghapuskan jaringan radio FM di negara mereka. Pelan-pelan semua frekuensi yang mendapat jaringan radio FM akan dimatikan. Memangnya kenapa deh?

Pemerintah Norwegia mengklaim bahwa geografis negara mereka yang terdiri dari gunung-gunung dan teluk, serta komunitas penduduk yang tersebar di balik pegunungan itu membuat jaringan radio analog menjadi mahal, kalau mau menjangkau semuanya. Jadi mereka memilih untuk beralih ke digital supaya bisa lebih hemat.



Tapi bro, keputusan ini disambut kontroversi ole masyarakatnya. Meski pemerintah mengklaim bisa menghemas USD 23,5 juta dengan peralihan ke digital ini, tapi 66% masyarakat menolak.

Norwegia rencananya akan beralih ke Digital Audio Broadcasting yang akan memberikan kualitas suara yang lebih berkualitas. Namun beberapa kritikus menilai keputusan ini terlalu mendadak mengingat belum banyak masyarakat yang punya receiver digital itu.