Wuih, akhirnya hari yang ditunggu-tunggu para pasangan kekasih datang juga. Bertepatan dengan malam Minggu, nuansa valentine kali ini benar-benar beda. Udah bikin persiapan apa aja? Dinner romantis? Tukar kado dan saling menyuapi coklat? Tiap orang pasti punya cara sendiri untuk merayakan hari kasih sayang ini.

Pun begitu dengan beberapa negara di bawah ini. Mereka punya cara masing-masing untuk bikin valentine makin happening. Apa aja? Simak ulasannya berikut.

Jepang

Kalau kamu sering nonton drama Jepang, pasti udah ngeh banget dengan tradisi unik valentine di negeri sakura ini. Apa lagi kalau bukan berbagi coklat! Uniknya lagi kudapan manis tersebut nggak cuma bisa dilakukan sepasang kekasih aja, tapi lebih luas lagi. Bisa antar teman, bos, atau bahkan orang tua, Jepang jadi satu-satunya negara di mana jomblo nggak ngenes di hari valentine.

Denmark dan Norwegia

Di dua negara paling makmur di Eropa ini masih berlaku perayaan valentine yang oldschool banget. Jika biasanya pria memberikan coklat atau bunga, di sini mereka diwajibkan membuat puisi yang sajaknya harus romantis abis. Uniknya lagi, puisi ini dikirim tanpa perlu mengetahui siapa si empunya. Cukup kasih tanda atau inisial, jika sang target mengetahui siapa pengirimnya maka ia harus membalasnya dengan memberikan telur paskah. Then, love story begin…

Slovenia

Di negara ini nggak ada perayaan khusus, valentine bagi mereka adalah tanda untuk kembali bekerja di ladang. Penduduk Slovenia percaya jika Santo Valentine bakal datang saat musim semi dan seolah menyuruh mereka untuk bekerja di ladang. Tapi, bekerja dengan kekasih sih masih bisa banget jadi romantis.

Bingung cari inspirasi buat rayain valentine dengan cara yang berbeda? Boleh tuh coba salah satu dari tradisi negara di atas.