Talkmen.com --- Menggunakan jersey olahraga merupakan satu trend fashion pria yang tak akan pernah habis. Menunjukan dukungan kepada tim kesayangan dengan menggunakan jersey tim akan terus terjadi selama olahraga masih ada di dunia. Simak tips TalkMen untuk tetap tampil dewasa dan berkelas saat menggunakan Jersey olahraga.

Menggunakan jersey olahraga tim favorit merupakan hal yang sangat lumrah khususnya bagi pria. However, let's face it, jersey olahraga bukanlah jenis pakaian yang dengan mudah memberikan kesan berkelas apalagi bagi pria dewasa. Anda harus tahu kapan, dimana, dan memilih jersey dengan hati-hati agar tetap bisa tampil oke. Berikut tiga tips mudah dari TalkMen agar Anda akan jersey olahraga.

Rule #1: Know when to wear it!

First rule is dead important! Jersey olahraga bukan pakaian atau pilihan gaya yang bisa Anda gunakan kapanpun. Timing is super important agar Anda tidak terlihat bodoh saat menggunakan jersey tim favorit Anda. Momen paling tepat saat menggunakan jersey olahraga tentu saja saat Anda sedang menyaksikan langsung pertandingan tim favorit Anda. Entah itu menonton di sports bar apalagi jika Anda mempunyai kesempatan langsung menonton suatu pertandingan di stadion.

Well that's the obvious one, yang akan kami bahas dari timing jauh lebih dalam dari itu. Timing yang dimaksud adalah jangan menggunakan jersey tim kesayangan Anda sehari setelah mereka memenangkan suatu pertandingan. Menggunakan jersey olahraga H+1 setelah kemangan pertandingan tim Anda justru hanya menunjukan image bahwa Anda hanya suporter yang termakan euforia kemenangan dan hanya berani menunjukan support terhadap tim Anda disaat mereka menang.

Pilihlah tempat yang sesuai untuk menggunakan jersey olahraga.
 

Poin berikutnya adalah jangan pernah menggunakan jersey olahraga saat tim Anda tidak sedang bermain.Let's say Anda akan menyaksikan pertandingan final Piala Dunia antar Spanyol dan Belanda di sebuah sports bar, well jika Anda memang ingin menggunakan jersey sepakbola malam itu, jangan coba-coba menggunakan jersey lain selain Spanyol dan Belanda. Jangan gunakan jersey Real Madrid, Barcelona, atau bahkan jersey tim nasonal Indonesia. Believe it or not, this happends a lot here ini Jakarta, banyak orang menggunakan jersey olahraga disaat mereka sedang menonton pertandingan yang salah. Mereka menggunakan jersey di event olahraga yang salah just for the sake of looking sporty while watching a sports match. Super fail!  

Rule #2: Know where to wear it! 

Other than the obvious seperti disaat menonton pertandingan olahraga baik itu di sports bar maupun secara langsung di stadion, banyak tempat yang perlu Anda perhatikan agar tidak terlihat salah saat menggunakan jersey. Sesuatu yang perlu Anda ingat dari jersey sepakbola, Anda tidak akan mendapatkan kesan berkelas saat menggunakan jersey olahraga. Berapapun harganya, selangka apapun jersey yang Anda miliki, bahkan sebesar apapun cinta Anda terhadap tim tersebut, tetap saja jersey tersebut tidak akan memberikan kesan berkelas kepada gaya Anda.

Maka perlu kami tekankan bahwa perhatikan tempat yang akan Anda tuju saat menggunakan jersey olahraga.Never use jersey to fancy places, especially on Friday and Saturday nights. Kesan sporty saat menggunakan jersey memang tidak bisa dihindarkan, maka jika tempat tujuan Anda bukanlah tempat yang santai, hindarilah menggunakan jersey. Places like malls on Sunday afternoon, atau tempat-tempat lainnya yang bisa Anda tuju menggunakan celana pendek dan sneakers menjadi tempat yang ideal untuk menggunakan jersey olahraga.

Jangan pernah gunakan jersey olahraga ke tempat-tempat fancy. 
 

Rule #3: Choose your jersey wisely!

Memilih jersey olahraga untuk dikenakan sebenarnya lebih sulit dari sekedar membeli seragam tim kesayangan Anda. Jika memang Anda mempunyai suatu tim favorit yang Anda dukung secara fanatik, membeli jersey terbaru mereka setiap musim memang menjadi pilihan yang mudah. Namun untuk tetap tampil berkelas saat menggunakan jersey mereka perlu pemikiran lebih jauh agar Anda bisa tetap terlihat oke.

Pertama-tama, cobalah menghindari jersey-jersey KW. As you all know, saat ini Anda bisa mendapatkan banyak jersey KW berkualitas di berbagai situs belanja online. Embel-embel kemiripan hingga 90% dengan versi aslinya dan ditambah lagi dengan harga yang jauh lebih murah. Namun bagaimanapun juga, barang KW tetaplah barang palsu yang cukup mudah dibedakan. Mulai dari potongan baju dan size yang tidak akurat, hingga bahan baju yang terlihat murah. Pada intinya jersey asli dan KW cukup mudah untuk dibedakan dan terlihat murahan saat dikenakan, cobalah sebisa mungkin untuk membeli barang-barang tersebut.

Next, kebanyakan orang juga kerap menambahkan name set (nama dan nomor punggung) pemain favorit mereka di tim. This is fine, sesuatu yang sangat normal, tapi jangan sampai Anda masih menggunakan nameset pemain yang sudah tidak berada di tim tersebut. Tidak masalah menggunakan nama pemain yang pensiun di tim tersebut seperti menggunakan jersey Real Madrid bernama punggung Zinedine Zidane. Status sang pemain yang pensiun di Madrid ditambah faktor legendaris pemain tersebut justru membuat jersey tersbut lebih berkelas. Namun menggunakan jersey Manchester United dengan nama Cristiano Ronaldo? Well, that's just stupid. Namun percaya atau tidak, kesalahan tersebut sering terlihat dimana-mana.

Menggunakan name set pemain yang telah pindah merupakan pilihan yang salah besar.
 

Satu hal lainnya menyoal name set pada jersey, beberapa tahun belakangan ini kita sering melihat orang-orang menggunakan custom name set. Banyak orang diluar sana yang meng-custom name set jersey mereka dengan nama-nama dan nomor unik agar terlihat berbeda. Bad move! Menggunakan nama Anda sendiri pada jersey tim favorit, atau menggunakan nama-nama aneh lainnya pada jersey justru memberikan kesan sangat norak dan jauh dari kata berkelas pada Anda saat menggunakan jersey olahraga.   

So that's three rules dari kami agar Anda tetap bisa terlihat oke saat mengenakan jersey olahraga. Ingatlah bahwa menggunakan jersey olahraga merupakan satu hal yang sangat tricky, especially bagi kita yang sudah berada di usia dewasa. Cobalah untuk mengikuti tiga rules mudah dari TalkMen dan tetap tampil berkelas saat menggunakan jersey olahraga.