Talkmen.com --- Hangover: penjelasan ilmiah dan cara mengatasinya.

Jangan biarkan hangover menjadi halangan untuk beraktivitas.   Bangun tidur kepala rasanya berat, tenggorokan kering, atau perut mual? itu tandanya Anda terkena hangover. Don't worry, we got the solutions for it.

Pernah merasakan bangun tidur kepala rasanya seperti dipukul oleh palu atau tenggorokan kering or even perut mual seperti habis naik jet coaster berkali-kali? Itu tandanya Anda mengalami hangoverWell, it’s human kalau terlalu banyak mengkonsumsi alkohol pasti ada efek sampingnya. Tapi tahukah Anda mengapa kita bisa terkenahangover?

Hangover merupakan pertanda dimana didalam tubuh kita terlalu banyak mengkonsumsi alkohol. Ketika kita mengkonsumsi alkohol, alkohol akan masuk kedalam aliran darah dan menyebabkan kelenjar dibawah otak menghalangi proses pembentukan hormon vasopressin. Hormon ini berguna untuk menghemat kadar air didalam tubuh kita. Untuk menggantikan air yang hilang dari jaringan dan organ tubuh, otak-lah yang melakukan peredaran kembali. Akibat terhalang pembentukannya, maka kita sering buang air kecil ketika mengkonsumsi alkohol dan sakit kepala yang luar biasa.

So,TalkMen akan memberikan beberapa tips kepada Anda dos and don’ts untuk menghindari hangover yang berkepanjangan. Let's start shall we?

Do's: obat mujarab untuk hangover

Hal yang harus dilakukan untuk mencegah hangover.    

Berikut hal yang harus Anda lakukan jika mengalami hangover.

  • TIDUR

The simple way to do. Istirahat yang cukup akan memulihkan tenaga Anda. Cobalah untuk menikmati waktu istirahat Anda karena akan membantu menghilangkan efek samping dari hangover.

  • MINUM AIR PUTIH

Yup, minum air putih sebelum tidur bisa mencegah dehidrasi ketika besok kita bangun tidur. Dengan minum air putih juga akan membantu menetralisir kadar alkohol yang ada di dalam darah kita. Campurkan satu sendok madu dapat membantu menghilangkan dehidrasi yang berlebihan.

  • EAT SOME SNACKS

Ada baiknya di sela-sela Anda mengkonsumsi alkohol diselingi dengan makan makanan ringan. Tujuannya supaya perut Anda tidak kosong dan ketika esok hari bangun tidur, Anda tidak akan merasa mual.

  • OBAT SAKIT KEPALA

Jika sakit kepala Anda tidak kunjung hilang, ada baiknya Anda mengkonsumsi obat penghilang sakit kepala. Namun pastikan obat tersebut tidak mengandung caffeine karena hal tersebut akan semakin membuat kepala Anda sakit. Alka-Seltzer juga salah satu obat mujarab untuk mengatasi hangover namun sayangnya obat itu belum dijual di Indonesia. Jadi sebaiknya apabila ada teman Anda berpergian dari luar negeri, jangan lupa titip Alka-Seltzer yang banyak.

  • MAKAN BUBUR

Kandungan vitamin B6 yang terkandung didalam bubur akan membantu menghilangkan rasa mual.

  • JUS TOMAT

Menurut penelitian dengan mengkonsumsi jus tomat dengan campuran madu (don’t put any sugar) akan membantu menghilangkan rasa pusing yang Anda alami.

Alka-Seltzer, obat mujarab untuk hangover.

Don'ts: yang harus dihindari ketika hangover

Hal yang harus Anda hindari jika mengalami hangover.  

Berikut hal yang harus Anda hindari ketika mengalami hangover.

  • Don’t Mix Your Drink (Too Much)

Tidak jarang saat kita mengkonsumsi alkohol, kita mencoba berbagai macam minuman. Don’t do that! Karena kadar alkohol pada tiap minuman berbeda. Semakin banyak alkohol yang masuk ke dalam tubuh kita, maka semakin besar kemungkinan kita akan mengalami hangover.

  • Drink With Empty Stomach

Jangan minum alkohol dengan keadaan perut kosong. Perut kosong hanya akan semakin memperburuk keadaan perut Anda. Isi perut Anda sebelum Anda memutuskan untuk mengkonsumsi alkohol karena dengan perut terisi maka akan mencegah Anda mengalami hangover.

  • Say No to Coffee and Milk

Jangan mengkonsumsi kopi  karena hal itu hanya akan membuat Anda semakin dehidrasi dan mengkonsumsi susu akan membuat Anda akan tambah merasa semakin mual. Cobalah mengkonsumsi jus atau minuman yang lain.

  • Hindari Minuman atau Makanan Terlalu Asam

Jangan minum jus jeruk atau makan makanan yang terlalu asam karena akan semakin memperburuk keadaan pencernaan Anda.

So, that’s all the tips. Jika lain kali Anda gak mau ngalamin yang namanya hangover, just try to be wise and know your limitation.

Setiap gelas yang diminum akan Anda bayar keesokannya.