Teknoup.com --- Sejak pertama kali diluncurkan di tahun 2010, Apple iPad menjadi awal dari boomingnya perangkat tablet, meski awalnya sempat dicerca karena dianggap hanya merupakan sebuah iPhone ukuran jumbo. Tidak hanya menjadi pionir, iPad pun mampu menguasai pasar tablet, meski kompetitor terus bermunculan dengan produk yang sangat beraneka ragam. Namun di tahun 2013 lalu akhirnya tablet Android berhasil mengalahkan penjualan iPad.

Menurut data yang dihimpun Gartner, ada 121 juta unit tablet Android yang laku di tahun 2013, naik dua kali lipat lebih dibanding tahun 2012 (53 juta unit). Sementara penjualan iPad naik dari 61,4 juta unit menjadi 70,4 juta unit untuk tahun 2013. Microsoft juga mengalami kenaikan pesat dalam penjualan tablet berplatform Windows. Hanya memiliki penjualan 1,1 juta unit di tahun 2012, tahun 2013 penjualan mereka mencapai 4 juta unit lebih. Pangsa pasarnya adalah sebagai berikut: Android (61,9 persen), Apple iOS (36 persen) dan Microsoft (2,1 persen).

Kenaikan besar-besaran untuk tablet Android adalah banyaknya pilihan tablet degan bujet yang berbeda-beda. ''Tahun 2013 tablet menjadi fenomena mainstream, dengan banyaknya pilihan tablet berbasis Android dengan harga yang cocok dengan kebanyakan konsumen, namun tetap menawarkan spesifikasi yang bagus,'' ujar Roberto Cozza, direktur riset di Gartner.

android pad data