Merdeka.com - Video detik-detik meletusnya Gunung Kelud pada Kamis (13/2) malam berhasil direkam salah satu warga sekitar dan diunggah ke situs Youtube.

Berdasarkan pantauan merdeka.com (14/2), video unggahan warga dengan akun Youtube bernama Dani Anto ini memperlihatkan bagaimana dahsyatnya semburan abu letusan Gunung Kelud yang disertai dengan sambaran petir di langit sekitaran wilayah Kediri.

Selain itu, dalam video berdurasi sekitar 5 menit ini juga tampak pijaran lava yang menyembur ke atas saat letusan terjadi.

Letusan Gunung Kelud ini sendiri membuat aktivitas warga di wilayah sekitar seperti Kediri, Blitar, dan Malang terganggu. Bahkan jalur Malang - Kediri sampai saat ini masih ditutup dan warga dengan radius 10 km dari Gunung Kelud masih terus dievakuasi ke tempat penampungan.

Tidak hanya itu, abu letusan Gunung Kelud ini dilaporkan juga sampai ke wilayah Surabaya dan beberapa kota di Jawa Tengah seperti Yogyakarta dan Solo.

Akibat letusan ini, tiga bandara yaitu Bandara Juanda, Adi Soemarmo dan Adisucipto di tutup sementara dan semua penerbangan menuju dan dari ketiga bandara tersebut terpaksa dibatalkan.