Kemampuan bermanuver presisi serta bisa dilengkapi dengan kamera, membuat drone bisa jadi alat keamanan paling menakjubkan yang pernah ada. Pernah terpikirkan nggak ide unik ini? Siapa yang nyangka jika konsep menjadikan drone sebagai alat keamanan udah benar-benar diimplementasikan. Adalah para arkeolog di Fifa, Jordan, ini yang berhasil mengembangkannya.

Fifa adalah tempat penggalian sempurna yang udah banyak menyumbang berbagai temuan baru. Melihat potensi luar biasa tersebut, pihak terkait makin waspada. Pasalnya, aktivitas pencurian benda-benda bersejarah sering banget terjadi di tempat ini.

Sangat nggak mungkin bagi para arkeolog untuk berkeliling sementara tugas penggalian harus tetap dilakukan. Akhirnya di siasati lah dengan menggunakan drone modifikasi yang diberi nama Septocopter ini. Alat tersebut bertugas untuk berpatroli di area penggalian yang luas sambil mengambil gambar.

Dari koleksi gambar yang berhasil dikumpulkan, para arkeolog kemudian menyatukannya menjadi satu gambar besar. Cara ini cukup ampuh untuk monitoring titik yang dicurigai sebagai tempat para pencuri melakukan aksinya dan segera melakukan tindakan pencegahan.

Wacana ini pun diterima dengan baik dan emang terbukti efektif dan efisien. Mudah-mudahan nggak bakal ada lagi hal-hal merugikan seperti pencurian yang bisa bikin dunia ini kehilangan benda-benda prasejarah penting.

Drone, selain bisa bikin loe have fun dengan aksi akrobatnya, ternyata juga banyak banget manfaatnya. Kira-kira penemuan apa lagi nih yang menggunakan teknologi drone. Alat stalking mantan mungkin? Kita tunggu aja deh!