Meskipun udah banyak review detail tentang Samsung Galaxy S6, tapi pabrikan Korea Selatan ini belum benar-benar merilis ponsel besutan terbarunya di pasaran. Mungkin hanya layanan pre-order aja yang tengah giat dilakukan. Hanya tinggal menunggu timing yang pas untuk launching, Samsung rupanya keduluan oleh salah satu perusahaan ponsel di China.

Ini bukan tentang Xiaomi, Asus, Lenovo dan sederet brand saingan Samsung yang lain, tapi sebuah perusahaan lokal yang diketahui udah sukses bikin tiruan Galaxy S6. Ketika dilihat sepintas bahkan para engineer Samsung bakal bingung membedakan versi clone dan asli.

Keduanya benar-benar identik dengan detail yang sangat mirip. Mulai dari metal frame, tombol dan juga layout-nya. Namun ketika dipegang maka bakal berasa bedanya. Dilihat dari software dan hardware yang dibesutkan juga tentunya jauh berbeda.

Samsung Galaxy S6 yang asli menggunakan prosesor Exynos terbaru sedangkan versi clone ini menggunakan Mediatek dengan 2GB RAM. Pembeda paling jelas juga bisa dilihat dari versi tiruan yang hanya support konektivitas 3G, berbanding terbalik dengan versi asli yang dibekali 4G LTE.

Soal harga nggak usah ditanya. Galaxy S6 ini dibanderol jauh lebih murah dari versi aslinya. Kejadian ini ternyata nggak hanya menimpa Samsung aja. Beberapa waktu lalu iPhone terbaru juga mengalami nasib yang serupa. Muncul versi clone-nya dulu sebelum sesaat kemudian launching produk yang asli.

Please be aware, Guys! Secara sepintas keduanya bakal susah banget dibedain. Sangat direkomendasikan untuk membeli produk asli di official store.