Mungkin nggak ada kota yang lebih aneh lagi jika dibandingkan dengan Whittier yang terletak di Alaska, Amerika Serikat ini. Kamu mungkin bakal berpikiran sama ketika mengetahui jika tempat tersebut hanya memiliki sebuah gedung bertingkat dan ditinggali oleh hampir seluruh warganya. Wih, masa sih?

Terletak di daerah yang susah banget diakses, membuat Whittier seperti sulit berkembang secara fisik. Gimana nggak, untuk menuju kota ini nggak ada jalan lain selain lewat jalur laut yang menghabiskan waktu berjam-jam. Bisa juga lewat jalan alternatif dengan melewati sebuah terowongan yang dua kali lipat durasinya. Itu pun masih harus berburu dengan waktu karena ketika malam terowongan bakal ditutup sepenuhnya.

Nggak cukup sampai di situ, kamu bakal makin terkejut ketika mengetahui jika gedung ini pun digunakan berbagai macam aktivitas. Mulai dari kantor polisi, toko, gereja, laundry, bar, klinik kesehatan hingga tempat hiburan. Nggak perlu heran ketika kamu mendatangi tempat ini dan mendengar seseorang sedang diinterogasi karena kamu tidur bersebelahan dengan kantor polisi.

Meskipun cukup aneh, tapi kehidupan di dalam gedung benar-benar normal. Bahkan seorang reporter juga mengatakan tinggal di sini cukup nyaman dan menyenangkan. Satu hal yang mungkin jadi keunggulan Whittier, warganya hidup dengan kesadaran sosial yang sangat tinggi. Wih, salut!

Udah pernah keliling Amerika Serikat dan merasa puas? Sepertinya jangan buru-buru berbangga diri jika kamu belum pernah mengunjungi Whittier. Pasalnya kota ini punya moto unik yaitu: “Anda belum melihat apa-apa sampai anda melihat Whittier.