Ternyata batik nggak hanya diapresiasi oleh penduduk negeri ini aja lho Guys, banyak pula masyarakat luar negeri yang melakukannya. Bahkan web mesin pencari paling terkenal di muka bumi, Google, juga nggak ketinggalan untuk melakukan hal tersebut.

Nggak percaya? Coba deh masuk laman Google hari ini dan pasti kamu bakal lihat tema batik di sana. Google melakukan hal tersebut bukan tanpa alasan, perusahaan milik Larry Page tersebut tahu kok jika hari ini adalah hari batik nasional.

Yup batik emang beberapa tahun ini populer banget. Batik sendiri asal katanya adalah “amba” yang berarti menulis dan “titik” yang artinya adalah sama. Lalu kedua kata tersebut digabungkan menjadi “mbatik” atau proses membuat kain batik.

Sedangkan definisi batik pada laman Wikipedia ada dua. Yang pertama adalah teknik pewarnaan dan pembuatan motif kain yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia. Sedangkan untuk definisi yang kedua adalah nama kain yang telah dibuat dengan teknik pewarnaan dan motif tadi.

Dilihat dari sejarahnya, batik punya cerita yang sangat panjang. Kain bermotif tersebut udah ada sekitar abad ke-4 SM di jawa. Hingga kini batik tetap dilestarikan dengan semakin banyak motif dan corak.

Dalam perjalanannya, batik pernah akan diklaim oleh Malaysia. Namun, dengan melakukan segala cara akhirnya UNESCO mengakui jika batik benar-benar berasal dari Indonesia. Agar peristiwa seperti itu nggak terulang, maka setiap tanggal 2 Oktober ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional.