Bernapas dalam air? Ah, nggak mungkin banget. Hal-hal tersebut cuma ada dalam dongeng anak-anak atau hanya ditemui di cerita-cerita superhero seperti Aquaman. Jangan terlalu deh yakin dengan argumen tersebut. Seiring dengan perkembangan jaman, berbagai hal yang awalnya nggak mungkin bisa jadi kenyataan kan? Termasuk juga kemungkinan manusia untuk bisa bernapas di dalam air.

Sebuah penelitian menyebutkan jika kemampuan seperti itu sangat mungkin terealisasi. Terbukti dengan ditemukannya sebuah kristal oleh para ilmuwan yang mampu membuat penggunanya memiliki kemampuan bernapas di dalam air.

Cara kerja kristal yang diberi nama Aquaman Crystal ini adalah dengan menyerap semua kandungan oksigen yang bisa ditemui, bahkan di dalam air. Kristal ini ditemukan sangat lama dengan memadukan banyak sekali bahan kimia. Hingga akhirnya terciptalah kristal dengan unsur kimia [{(bpbp)Co2II(NO3)}2(NH2bdc)](NO3)2 * 2H2O.

Salah satu peneliti yang terlibat, Professor Christine McKenzie, menjelaskan jika penggunaan Aquaman Crystal ini bisa sangat beragam. Nggak hanya mampu digunakan untuk bernapas di dalam air, crystal unik ini bisa digunakan pula untuk membantu para pasien dengan diagnosa sulit bernapas agar bisa kembali melakukan aktivitas respirasi tersebut dengan normal.

Hingga saat ini, Aquaman Crystal masih terus diuji agar memiliki kegunaan yang lebih beragam lagi. Mungkin saja ke depannya, dengan menggunakan crystal ini manusia bisa hidup di mana pun di daerah yang punya oksigen terbatas. Cool!