Victor Alfieri gak kesel kalau dirinya dikenal lebih dari sekadar aktor, melainkan juga sebagai salah satu kolektor pemantik api legendaris, Zippo. Maklum, sebagai kolektor, Alfieri tak main-main. Dia punya 230 macam Zippo yang terawat rapi di rumahnya di dekat Los Angeles dan di Italia.

"Koleksi yang paling berharga ada di Italia, tapi yang paling banyak dipakai ada di Amerika," kata aktor yang terkenal dalam film Days of Our Lives dan The Bold and The Beautiful, ini.

Sebagai orang yang tumbuh besar di Italia, Alfieri mengakui segala yang berbau Amerika, apalagi yang terkait militer, amat menarik hatinya. Di masa Perang Vietnam, Zippo memang mengambil tempat tersendiri di hati para serdadu negeri Paman Sam. Selain untuk menyalakan rokok, Zippo dipakai untuk berbagai macam aktivitas di medan perang.

Pada masa perang itu banyak prajurit AS yang mengukir Zippo milik mereka dengan kalimat atau gambar tertentu. Sejumlah pemantik tersebut masih tertinggal di Vietnam, dan kini menjadi cinderamata yang menarik bagi para pelancong maupun kolektor.

Di negerinya sendiri, Zippo sudah termasuk simbol kultur khas Amerika. Ia bisa disejajarkan dengan simbol kultur Amerika Serikat lainnya seperti celana Levi's atau sepeda motor Harley Davidson. Lembaga survey Brand Keys menempatkan Zippo di urutan ke-7 sebagai merek patriotik khas AS.

Tak heran kalau sejumlah orang ternama pun pernah terukir gambarnya di permukaan Zippo. Elvis Presley dan James Dean adalah beberapa di antaranya. Zippo dengan gambar wajah tokoh ternama menjadi benda koleksi yang berharga.

Tapi Zippo termahal adalah yang dibuat pada 1933, tahun debut pemantik itu. Harganya US$ 37 ribu (Rp 407 juta) pada 2007 yang lalu. Kabarnya, ada Zippo yang lebih mahal dari itu. Tapi lantaran tak ada bukti, maka Zippo keluaran 1933 itu masih memegang rekor termahal.

Zippo termahal nomor dua juga keluaran 1933. Pemantik buatan tahun ini memiliki garis diagonal di permukaannya. Harganya US$ 18 ribu. Di bawahnya adalah Zippo 18k Solid Gold.

Pemantik api ini dibalut emas 18 karat di sekujur tubuhnya. Harganya dibanderol US$ 10.993, sengaja gak dikurskan bro, soalnya Dollar masih gak mau turun..Hehehe.