Sebagai salah satu kompetisi sepak bola terbaik di dunia, banyak hal yang terjadi di atas lapangan punya dampak besar ke depannya. Bahkan, beberapa kejadian bisa menghantui sebagian pemain dan pelatih sampai bertahun-tahun setelahnya.
Contohnya adalah terpelesetnya Steven Gerrard beberapa tahun lalu. Dari sekian banyak penghargaan dan pengakuan yang dia dapatkan, momen tersebut adalah salah satu yang bakal selalu diingat sepanjang sejarah karirnya.

banner-ads

Tapi, gimana kalau Gerrard gak terpeleset waktu itu dan Demba Ba gak mencetak gol? Mungkin Liverpool udah mendapatkan gelar Premier League pertamanya. Selain itu, masih ada beberapa kemungkinan di premier league yang bisa mengubah sejarah kalau sampai terjadi.

 

1996 - Blackburn mendatangkan Zinedine Zidane

Kenny Dalglish saat itu melihat bakat Zidane yang sudah mencetak 28 gol dari 139 penampilan di klub Prancis, Bordeaux. Sayangnya, pemilik klub saat itu Jack Walker gak yakin dengan Zidane dan menolak saran Dalglish. Lalu dirinya berkata, “Mengapa kita butuh Zidane ketika ada Tim Sherwood?” Zidane sendiri akhirnya pergi ke Juventus dan menjadi salah satu gelandang terhebat sepanjang sejarah di akhir karirnya.

 

2002 - Sven Goran Eriksson menggantikan Sir Alex Ferguson di MU

S.A.F awalnya berencana pensiun pada tahun 2002 sebelum akhirnya memimpin untuk 11 tahun selanjutnya. Saat itu, Sven Goran Eriksson mengaku udah bikin kontrak bersama MU, tapi akhirnya Ferguson gak jadi pensiun. Gimana kalau Fergie pensiun saat itu? Mungkin MU bakal udah ada di keadaan sekarang sejak tahun 2002, mungkin MU gak bakal dapet 6 gelar ekstra dan mendepak Liverpool dari gelar tim dengan trofi Liga Inggris terbanyak.

 

2003 - Roman Abramovich membeli Tottenham daripada Chelsea

Pengusaha kaya Rusia ini berpikir untuk membeli sebuah klub di London dan dapat pertimbangan antara Tottenham atau Chelsea. Tapi, penasehatnya meyakinkan Abramovich untuk membeli Chelsea jika menginginkan gelar dan akhirnya dia gak melirik lagi Tottenham. Kalau yang dibeli adalah Tottenham, bisa aja tim asal London utara itu nambah 18 trofi seperti Chelsea di bawah kepemilikan Abramovich.

 

2004 - Mourinho berhasil meyakinkan Liverpool untuk merekrutnya

Setelah juara Liga Champions bareng Porto, perwakilan dari Mourinho pergi ke Inggris untuk meyakinkan Liverpool merekrut kliennya. Saat itu juga posisi Gerard Houllier di Liverpool sedang di ujung tanduk. Tapi pihak Liverpool gak suka sama gaya bermain Mourinho dan akhirnya dirinya mendarat di Chelsea. Kopites pasti gak bakal gigit jari sampai sekarang kalau Mou mimpin Liverpool saat itu karena dirinya berhasil mempersembahkan gelar Premier League buat Chelsea dalam dua musim berturut-turut.

Sepak bola di Inggris bakalan bener-bener berbeda kalau semua kemungkinan itu terjadi. Bayangin Bro, Zidane jadi pahlawan buat Blackburn, atau Mourinho yang jadi legenda Liverpool, dan MU bukan tim yang ditakuti. Gimana jadinya kalau menurut lo?