Dengan dimulainya Premier League lebih awal dari liga-liga elit lainnya di Eropa, banyak tim yang bergegas dan terkesan buru-buru buat menyelesaikan transfer atas pemain buruan mereka. Salah satunya adalah Manchester United yang akhirnya meneken kontrak Harry Maguire dari Leicester City.

banner-ads

Saat itu, secara mengejutkan ‘Si Setan Merah’ menyetujui harga 80 juta Pounds buat Harry Maguire yang bikin Doi jadi bek termahal di dunia. Tentu aja banyak yang berpikir bahwa transfer Maguire ini adalah transfer yang kemahalan.

Pada pertandingan pertama dengan “Setan Merah”, Harry Maguire emang berhasil ikut menjaga pertahanan Manchester United tetap clean sheet. Catatannya di pertandingan tersebut juga terbilang bagus untuk pertandingan debut. Sayangnya di pertandingan keduanya MU gagal meraih kemenangan dan kebobolan 1 gol yang bikin tim ini jadi seri. Tapi Maguire masih punya waktu yang panjang untuk membuktikan kemampuannya sampai akhir musim.

Ngomong-ngomong soal transfer yang kemahalan, memang banyak yang akhirnya malah gagal karena performa sang pemain dianggap gak sesuai harga yang dipatok. Tapi, berikut ini gue kumpulin beberapa pemain yang dianggap kemahalan pas diboyong tapi berhasil memenuhi ekspektasi semua orang yang ada di klub tersebut.

 

Didier Drogba – Marseille ke Chelsea, 2004 (24 juta Pounds)

Harga yang tertera di atas adalah harga yang sangat besar pada waktunya. Roman Abramovich sebagai pemilik Chelsea emang terkenal senang menggelontorkan dana demi beli pemain. Dirinya juga yang dianggap sebagai awal dari rusaknya harga pasaran pemain di bursa transfer Eropa. Tapi Bro, seperti yang lo tau, transfer Drogba adalah transfer yang berhasil. Doi jadi penyerang yang tajam di Chelsea dan berhasil mempersembahkan 4 Liga Inggris dan 1 Liga Champions selama berseragam biru London ini.

 

Gianluigi Buffon – Parma ke Juventus, 2001 (32.6 juta Pounds)

Transfer ini adalah salah satu transfer paling mengejutkan pada waktu itu. Gimana enggak Bro? Kiper muda yang belum terlalu banyak pengalaman ini dibeli dengan harga fantastis yang bikin Buffon memegang rekor sebagai kiper termahal selama 17 tahun.

 

Yaya Toure – Barcelona ke Manchester City, 2010 (24 juta Pounds)

Harga 24 juta Pounds emang kedengeran biasa aja buat standar tahun 2010. Ditambah, setahun sebelumnya Cristiano Ronaldo baru aja memcahkan rekor transfer ke Real Madrid dengan harga 80 juta Pounds. Tapi Bro, melihat performa Yaya Toure yang biasa aja di Barcelona, bahkan Doi jadi pemain yang terbuang di bawah Pep Guardiola saat itu bikin harga ini terasa kemahalan. Tapi, di Manchester City dirinya jadi salah satu kunci permainan di lini tengah The Citizens. Bahkan Yaya Toure disebut sebagai salah satu pemain terbaik milik Manchester City sepanjang masa.

 

Virgil Van Dijk - Southampton ke Liverpool, 2018 (75 juta Pounds)

Transfer ini juga jadi salah satu yang mengejutkan buat publik. Liverpool membeli dua pemain dengan harga fantastis di satu musim transfer yang sama, Virgil Van Dijk seharga 75 juta Pounds dan Alisson Becker dengan harga 66,8 juta Pounds. Tapi siapa sangka, berkat pembelian ini lini belakang Liverpool jadi salah satu yang paling tangguh di Eropa. Angka kebobolan Liverpool cuma 0,58 per pertandingan, Van Dijk jadi pemain terbaik Liga Inggris, dan Liverpool menjuarai UCL ke-6 nya. Bonus, Doi juga jad cover untuk game sepak bola ‘FIFA 20’.

Pemain-pemain di atas mahal banget ya Bro? Menurut lo, apakah Maguire bisa memenuhi standar harganya seperti pemain-pemain tersebut ya?