banner-ads

Beberapa liga top Eropa udah memulai kompetisi mereka, bahkan Liga Inggris udah mulai sejak 9 Agustus yang lalu. Selain itu, sebentar lagi juga bursa transfer musim panas untuk semua liga di Eropa bakal ditutup. Di musim transfer ini, Atletico Madrid jadi salah satu klub yang paling boros di dunia dengan mengeluarkan uang sekitar 240 juta Euro.

Tapi lo tau gak Bro? Meskipun Atletico boros banget di bursa transfer ini, mereka tetap masuk ke jajaran klub dengan pendapatan terbesar dari penjualan pemain sejak 2014, lho. Berikut ini gue udah rangkum beberapa klub lain selain Atletico Madrid yang mendapatkan pemasukan paling besar dari jualan pemain.

 

Juventus - €650,4 juta

Juventus disebut-sebut sebagai klub dengan pengelolaan terbaik saat ini. Hal ini gak lain karena perencanaannya yang cermat dan mereka jadi punya sumber daya keuangan yang luar biasa saat ini. Meski mereka jadi salah satu klub paling boros juga, ternyata pendapatan mereka gak main-main, Bro. Beberapa penjualan terbesar yang dilakukan raksasa Serie A itu sejak 2014 termasuk Paul Pogba dengan rekor transfer dunia 105 juta euro, Leonardo Bonucci (€42 juta), Arturo Vidal (€37,5 juta), Mattia Caldara (€35 juta) dan Alvaro Morata (€30 juta).

 

Benfica - €722,53 juta

Perpaduan antara pencarian bakat yang hebat dan penampilan di Liga Champions yang terbilang oke bikin pemain Benfica banyak diincar klub-klub raksasa Eropa yang lain. Selama bursa transfer ini aja mereka udah dapat dana sebesar 188,2 juta euro yang 126 juta euro di antaranya didapatkan dari menjual Joao Felix.

 

Chelsea - €732,7 juta

Roman Abramovic terkenal dengan investasi gila-gilaannya di klub asal kota London tersebut. Meskipun mereka terbilang boros, tapi pendapatan dari penjualan pemain mereka juga terbilang besar, Bro. Salah satu penjualan terbesarnya adalah Eden Hazard yang pergi ke Real Madrid dengna harga transfer melebihi Cristiano Ronaldo pada 2009 lalu.

 

Atletico Madrid - €752,8 juta

Transfer Antoine Griezmann ke Barcelona menjadikan pemain tersebut salah satu pemain termahal di dunia. Pada bursa transfer musim panas ini saja, mereka sudah menjual pemain senilai 311,1 juta euro dan kepergian pemain yang terkenal termasuk Antoine Griezmann, Lucas Hernandez, Rodri dan Diego Godin. Menariknya, mereka tetap jadi tim yang kompetitif di Eropa meskipun kehilangan banyak banget pemain kuncinya.

 

AS Monaco - €866,5 juta

Setelah dibeli oleh miliarder asal Rusia pada 2011 dan promosi ke Ligue 1 pada 2013, AS Monaco sempat jor joran dalam hal transfer pemain. Tapi itu cuma bertahan pada satu bursa transfer musim panas aja. Akhirnya mereka melanjutkan model bisnis dengan membeli pemain bertalenta dari seluruh dunia dan mengembangkannya di klub tersebut lalu dijual mahal. Beberapa penjualan terbesar Monaco selama beberapa tahun terakhir termasuk superstar seperti Kylian Mbappe (€135 juta), James Rodriguez (€75 juta), Thomas Lemar (€70 juta), Anthony Martial (€60 juta), Benjamin Mendy (€57,5 juta), Bernado Silva (€50 juta), Fabinho (€45 juta), Youri Tielemans (€45 juta) dan Tiemoue Bakayoko (€40 juta).

 

Ternyata biaya transfer pemain itu mahal banget dan menguntungkan klub ya, Bro?