uat yang punya Mountain Bike alias MTB, menggilas track aspal memang tidak ada salahnya. Tapi sepeda itu bakal lebih maksimal jika melewati jalan tanah.banner-ads

Biasanya, MTB punya ban yang kembangnya lebih tebal dari Road Bike dan sejenisnya. Sepeda jenis ini juga dilahirkan dengan suspensi depan, beberapa juga belakang.



Jangan minder karena lo adalah pesepeda pemula dengan MTB. Karena kalau nggak dicoba, lo nggak akan tahu nikmatnya bersepeda di atas tanah yang memang disiapkan khusus.

Berikut adalah 5 track sepeda untuk MTB yang bisa dilewati pemula di sekitaran Jakarta.

1. UI Bike Park

Selain dikenal sebagai salah satu perguruan tinggi negeri terbaik, Universitas Indonesia juga punya track untuk MTB yang populer. Track ini diberi nama UI Bike Park, berada di dekat Fakultas Teknik, Kampus UI Depok.

Ada tiga track di sini, yang pertama adalah hutan yang bisa disusuri sejauh 4 km. Di sini lo disuguhkan track yang cukup teknikal dengan pemandangan hutan lebat hingga danau.

Berikutnya adalah jalur sejauh 8 km dengan pemandangan yang hampir sama. Siap-siap dengkul ya, karena ada tanjakan dan turunan yang begitu curam.

Nah, track ketiga adalah jalur baru di seberang pintu masuk dua track tadi. Track ini biasanya dipakai untuk adu cepat di lintasan.

2. JPG

Bukan, ini bukan format file gambar. JPG adalah track sepeda legendaris yang berasal dari singkatan Jalur Pipa Gas di kawasan BSD.

Track ini punya lintasan dengan jarak kurang lebih 6,5 km. Di track ini juga ada lintasan yang cukup santai untuk dilewati hingga jalur teknikal.

3. JPG 2

Kalau JPG 2 adanya di Bekasi. Track ini juga bisa dipakai buat lo yang mencari jalur untuk cross country. JPG 2 membentang sejauh 18 km dari Setu sampai Kota Wisata dengan garis start di Desa Cijengkol.

4. Cihuni

Selain JPG, di BSD juga ada track sepeda lain bernama Cihuni atau Gunung Batu. Track ini punya panjang lintasan 4 km dengan kombinasi tanjakan dan turunan.

5. JJ

Track JJ atau Jalur Jatiasih cukup terkenal nih di antara anak sepeda. Track ini punya kombinasi lintasan antara 5 sampai 52 km yang membentang dari Bekasi hingga Bogor.