Sport

7 Bad Boys of Sports

  • 22 March 2014
  • 5625 views

Dalam cabang olahraga apapun yang dimainkan di dunia, kata fairplay atau bermain sportif menjadi suatu kata yang selalu dijunjung tinggi.

LAZONE.ID -

Talkmen.com ---  Pria Beringas Dalam Dunia Olah Raga

Mereka dikenal liar didalam maupun diluar lapangan. Prestasi mereka yang gemilang justru tertutup dengan kelakuan yang buruk.

Dalam cabang olahraga apapun yang dimainkan di dunia, kata fairplay atau bermain sportif menjadi suatu kata yang selalu dijunjung tinggi. Namun tentu saja atlet bukan robot yang bisa bermain tanpa emosi, beberapa diantara mereka bahkan memiliki emosi yang sangat tinggi sehingga diberi label bad boys dalam dunia olah raga. Mulai dari aksi emosional berlebihan saat memprotes keputusan para pengadil pertandingan hingga cara-cara curang demi menyelamatkan diri mereka dari kekalahan.

Uniknya, label mereka sebagai bad boys justru kadang menjadi satu sisi yang disukai penonton. Sisi kontroversial mereka kadang dianggap sebagai passion terhadap pertandingan dan dijadikan banyak pihak sebagai alasan untuk menggemari mereka. Namun tetap saja, rules are rules, bagaimanapun juga mereka tetap saja harus mengikuti aturan yang berlaku dalam cabang olahraga masing-masing. Sanksi beratpun kerap dijatuhkan kepada mereka. Berikut adalah tujuh bad boys dalam dunia olah raga pilihan Talkmen, love them or hate them, you'll be the judge.

John McEnroe

Cabang olahraga tenis bukan merupakan jenis olahraga yang dikenal memiliki banyak pemain kontroversial. Namun nama John McEnroe merupakan satu nama yang harus masuk kedalam list bad boys of sports Talkmen. Mulai dari aksi protes yang berlebihan kepada wasit pertandingan hingga perkelahian dengan penonton membuatnya dikritik banyak pihak. Meski begitu, petenis asal Amerika Serikat ini juga dikenal sebagai petenis hebat. Sepanjang kariernya, ia berhasil memenangkan tujuh turnamen Grand Slam. 

Salah satu "aksinya" yang paling sensasional adalah pada saat ia bertanding di turnamen Stockholm Open pada tahun 1984. John meledak saat keputusan wasit dianggap memberatkan dirinya, ia langsung menghampiri wasit dan memaki dengan kata-kata yang kurang pantas ditambah dengan aksi memukul meja minuman di pinggir lapangan dengan raketnya, alhasil sejumlah penonton ikut kebasahan oleh tumpahan minuman yang berhamburan kemana-mana. Hasilnya? John didenda $7,500 dan mendapat skorsing 21 hari dari federasi tenis dunia.

Joey Barton

Penggemar sepakbola apalagi liga Inggris tidak mungkin tak mengenal nama yang satu ini. Meski sebenarnya mempunyai skill yang sangat baik untuk menjadi gelandang tengah yang mumpuni, nama Joey Barton justru lebih kita kenal sebagai sosok berangasan yang jauh dari kata sportif. Aksi permainannya yang keras dan kerap diselipi juga dengan tindakan yang kadang membuat kita terperangah mulai dari menginjak lawan hingga berkelahi dengan rekan satu timnya!

Joey Barton sebenarnya merupakan tipe pemain ciri khas Inggris yang sudah semakin jarang ditemui. Permainan simpel dan keras yang dulu dikenal dengan sebutan kick and rush adalah cara bermain dari pesepakbola asal Inggris ini. Namun di era sepakbola modern dimana peraturan sangat ditegakkan demi keselamatan pemain lain, gaya bermain Joey Barton yang keras kerap menjadi sorotan. Ditambah lagi dengan perilaku emosionalnya yang seringkali merugikan timnya sendiri. Joey Barton sendiri saat ini sedang menjalani masa pinjaman di klub liga Perancis Marseille akibat sangsi larangan bermain di liga Inggris berkat aksinya yang jauh dari kata sportif pada pertandingan terakhir musim 2011-2012 saat melawan Manchester City.

Ron Artest aka Metta World Peace

Bagi Anda yang kurang mengikuti dunia bola basket mungkin belum cukup familiar dengan nama yang satu ini.Well, yang jelas sosok yang satu ini pernah bernama Ron Artest, namun secara mengejutkan ia mengubah namanya menjadi Metta World Peace. Selain keunikan nama barunya, pemain ini justru dikenal dengan aksinya yang berangasan diatas lapangan. Ia bahkan pernah berurusan dengan pihak yang berwajib berkat aksinya menjotos penonton saat pertandingan.

Aksi bengalnya yang paling menyita perhatian adalah saat Artest masih bermain di Indiana Pacers pada tahun 2004, saat itu Pacers sedang melawat ke kandang Detroit Pistons dimana salah seorang penonton melempar Artest dengan botol minuman, merasa tak terima, ia secara mengejutkan menghampiri penonton tersebut untuk menghajarnya, setelah dipisahkan rekan-rekan tim dan juga keamanan Artest justru malah menyerang penonton lain dan sempat melayangkan jotosan. Alhasil Artest harus berurusan dengan pihak yang berwajib selain mendapat hukuman dilarang bertanding selama 145 pertandingan! Namun karier pemain yang sekarang bernama Metta World Peace ini akhirnya berubah sejak ia pindah ke L.A. Lakers dimana Metta berhasil mendapatkan cincin gelar juara NBA. Namun meski begitu ia tetap saja menjadi pemain basket dengan tipe permainan yang bengal.

Mike Tyson

Seseorang yang pernah menggigit telinga lawannya dalam sebuah pertandingan tinju tentu saja sudah cukup untuk masuk dalam daftar bad boys of sports, tetapi Mike Tyson tidak hanya satu kali menggigit telinga Evander Holyfield. He did it twice! Hebatnya lagi, kedua gigitan tersebut terjadi dalam ronde yang sama! Mungkin saja sosok yang saat ini mempunyai tato tribal di wajahnya tersebut memang sedang dalam keadan lapar saat itu.Yang jelas, aksi menggigit Holyfield bukan satu-satunya kontroversi dalam karier Tyson. Ia juga dikenal mempunyai banyak masalah diluar ring tinju dan seringkali berurusan dengan polisi akibat aksi bengalnya tersebut.  

Selain kejadian kontroversial Tyson saat menggigit telinga Holyfield, Tyson juga kerap berurusan dengan pihak kepolisian mulai dari masalah-masalah seperti menyetir dalam keadaan mabuk dan perkelahian di klub malam. Namun nama Tyson sempat menyita perhatian dunia setelah dirinya pensiun saat ia mengalami kebangkrutan. Tyson yang mempunyai lifestyle super mewah harus mengalami kebangkrutan dan dia juga dinyatakan gagal membayar pajak negara yang membuatnya lagi-lagi harus berurusan dengan pihak yang berwajib.

Luis Suarez

We can't talk about bad boys in sports tanpa membahas nama yang satu ini. Dengan skill yang luar biasa sebagai pemain sepakbola, Suarez sebenarnya bisa saja menjadi salah satu pemain terbaik di dunia. Namun sayang beberapa tahun belakangan ini ia justru lebih dikenal dengan perilaku bengalnya yang ditambah dengan cara bermainnya yang tidak sportif. Suarez seringkali tertangkap kamera melakukan diving saat pertandingan dan juga beberapa cara kotor lainnya seperti memukul lawan hingga yang terbaru menggigit tangan bek Chelsea Ivanovic di tengah pertandingan. Uniknya, Ivanovic bukanlah satu-satunya korban gigitan Suarez, ia sebelumnya pernah tertangkap menggigit bek lawan saat masih bermain untuk Ajax Amsterdam di Belanda.

Salah satu kejadian kontroversial Suarez lainnya adalah dalam pertandingan perempat final Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan dimana ia menggunakan tangannya untuk mencegah bola masuk saat Uruguay bertemu dengan Ghana. Suarez pun harus diganjar kartu merah pada pertandingan tersebut, namun uniknya, asksinya untuk mencegah gol timnas Ghana berhasil membawa berkah bagi Uruguay karena pada akhirnya Ghana harus tersingkir lewat babak adu penalti. Suarez juga menyita perhatian dunia saat ia menyindir pelatih Everton David Moyes yang menyebut Suarez harus mengurangi aksi diving-nya sebelum pertandingan Liverpool melawan Everton. Dalam pertandingan tersebut, Suarez berhasil mencetak gol dan ia merayakan golnya tersebut dengan melakukan aksi diving di depan bench Everton dan tentu saja David Moyes. Aksinya langsung mendapat reaksi negatif dari banyak pihak dan membuatnya dilabeli bad boy sejati di liga Inggris.  

Dennis Rodman

Nama yang sangat identik sebagai bad boy dalam dunia olahraga, Dennis Rodman. Dengan gayanya yang berangasan mulai dari caranya bermain basket hingga carannya berpakaian. Rodman sangat dikenal sebagai pemain "liar" di NBA pada era 90an. Bermain bersama generasi emas Chicago Bulls bersama Michael Jordan, Dennis Rodman sebenarnya merupakan pemain serba bisa yang sangat berguna bagi tim. Rodman bahkan pernah mendapatkan penghargaan 'Best Defensive Player NBA' semasa masih aktif bersama Chicago Bulls.

Namun di sisi lain, Rodman terkenal sebagai pria liar di luar lapangan basket, mulai dari party liar hingga kegemarannya bergonta-ganti pasangan. Namun ia paling dikenal dengan penampilannya yang unik, mulai dari warna rambut yang kerap berganti-ganti hingga gaya berpakaiannya yang kurang lazim. Ia juga kerap berurusan dengan polisi akibat beberapa perkelahian di klub malam dan juga menyetir dalam keadaan mabuk maupun melebihi speed limitDi masa pensiunnya, Rodman juga dikenal aktif dalam berbicara, belum lama ini ia bahkan berani mengkritik presiden Amerika Serikat Barrack Obama soal kebijakannya terhadap Korea Utara. Rodman secara terbuka menyebut Barrack Obama tidak bisa mengatasi permasalahan Amerika dan Korea Utara.   

Itulah daftar para atlet berlabel bad boys dalam dunia olahraga pilihan Talkmen. Berbagai prestasi yang mereka raih sayangnya harus tertutup dengan banyaknya berita kontroversial yang menyelimuti karier mereka. Banyak yang membenci mereka, namun banyak juga yang justru menggemari mereka, bagaimana dengan Anda? Apakah Loe juga menggemari para atlet bengal ini, Bro?

 

Baca juga artikel pilihan untuk kamu...