Dengan memasuki tahun baru, maka Premier League udah melewati paruh musimnya sebagaimana mayoritas liga lain di Eropa. Bedanya, Premier League harus melewati jadwal yang padat pada akhir tahun karena banyak kompetisi lokal (selain liga) yang berjalan ditambah pertandingan Boxing Day yang dilaksanakan pada 26 Desember setiap tahunnya.

banner-ads

Tapi, Premier League di awal dekade ini berbeda jauh dengan awal dekade lalu, alias awal tahun 2010. Pada tahun tersebut, Liverpool sedang turun pamor dan bukan tim yang ditakuti di Eropa. Dengan pemain seperti Yossi Benayoun, David N’Gog, dan Jay Spearing, nama yang kurang tenar di Inggris. Torres masih jadi bagian The Reds yang saat itu ada di posisi 7.

Begitu pula Manchester United yang masih berjaya di bawah Sir Alex Ferguson. Juara di tahun 2011 dan 2013 sebelum akhirnya Sir Alex Ferguson memutuskan untuk pensiun dan meninggalkan luka yang sulit disembuhkan di dalam skuad si Setan Merah.

Penasaran gak Bro sama kondisi tim-tim Premier League sekarang di 10 tahun yang lalu? Nih kondisi peringkat klasemen mereka di awal dekade lalu, Bro.

Liverpool - #7 (Premier League)
Leicester City - #4 (Divisi Championship)
Manchester City - #4 (Premier League)
Chelsea - #1 (Premier League)
Sheffield United - #11 (Divisi Championship)
Wolves - #15 (Premier League)
Tottenham - #5 (Premier League)
Manchester United - #2 (Premier League)
Newcastle United - #1 (Divisi Championship)
Burnley - #14 (Premier League)
Arsenal - #3 (Premier League)
Crystal Palace - #9 (Divisi Championship)
Brighton - #21 (League One)
Bournemouth - #2 (League Two)
Everton - #12 (Premier League)
West Ham - #17 (Premier League)
Southampton - #12 (League One)
Aston Villa - #6 (Premier League)
Norwich City - #3 (League One)
Watford - #13 (Divisi Championship)

Bisa lo liat Bro, banyak banget tim yang ada di posisi yang sangat jauh dari posisinya sekarang. Contohnya adalah Bournemouth, Brighton, dan Southampton. Bournemouth ada di League Two alias kasta ke-4 Liga Inggris. Mereka konsisten hingga akhir musim dan promosi ke League One di musim selanjutnya. Brighton juga ada di zona degradasi League One yang merupakan kasta ke-3 kompetisi Liga Inggris, namun mereka berhasil menyudahi musim di posisi 13. Lalu Southampton yang sempat dibantai 0-9 oleh Leicester ada di posisi divisi yang sama dengan Brighton.

Leicester yang sekarang menempati posisi 2 Premier League dan juara pada tahun 2015 pun punya nasib yang jauh berbeda saat itu karena mereka masih berjuang di Divisi Championship alias satu kasta di bawah Premier League.

Kira-kira, posisi tim-tim ini bakal ada di mana ya 10 tahun mendatang, Bro? Menurut lo apakah bakal ada yang jeblok sampai turun lebih dari satu divisi?