Dampak dari kepindahan Pol Espargaro ke tim Repsol Honda musim depan akan berefek pada Alex Marquez. Pemenang Moto2 itu bakal beralih ke LCR Honda, dengan mengorbankan Cal Crutchlow.banner-ads

Kedatangan Espargaro berarti rookie MotoGP Alex telah kehilangan tempat tim pabrikan. Ia bakal kehilangan tempat tanpa menyelesaikan putaran balap.

Alex telah diberikan hiburan perpanjangan kontrak dua tahun oleh HRC, meskipun pindah ke LCR. Itu berarti Cal Crutchlow atau pembalap Jepang Takaaki Nakagami harus meninggalkan tim satelit.

"HRC ingin menyampaikan terima kasih kepada Cal Crutchlow atas kerja kerasnya dan tak kenal lelah sejak bergabung dengan HRC pada tahun 2015. Dengan tiga kemenangan dan 12 podium, pembalap Inggris ini telah menjadi aset berharga di dalam dan di luar trek. Sumber konstan umpan balik yang sangat baik untuk para insinyur dan bagian penting dari pengembangan Honda RC213V dalam beberapa tahun terakhir. HRC mendoakan yang terbaik untuknya di masa depan," tulis pernyataan Honda.



Selain menjadi satu-satunya pemenang perlombaan MotoGP satelit, Crutchlow adalah satu-satunya pembalap Inggris di grid. Dorna pun bakal membantu mencari tempat alternatif untuk pembalap Inggris itu.

Aprilia saat ini merupakan pilihan yang paling mungkin, tergantung pada hasil banding Andrea Iannone untuk suspensi doping. Sebelum bergabung dengan LCR dan Honda, Crutchlow membalap untuk Tech3 Yamaha dan menghabiskan satu musim di tim pabrikan Ducati.

“Saya sangat bangga mengumumkan pembaruan saya dengan Honda Racing Corporation. HRC memberi saya kesempatan untuk tiba di MotoGP dan saya senang bergabung dengan Tim LCR Honda pada akhir 2020 dan bersaing di tim besar dengan pengalaman hebat di MotoGP," kata Alex Marquez.

"Saya ingin berterima kasih kepada HRC dan Tim LCR Honda atas kepercayaan mereka kepada saya untuk dapat melanjutkan jadi keluarga Honda dan saya akan bekerja keras untuk membuktikan kepercayaan mereka dengan hasil. Sekarang, saya ingin memulai musim di Jerez dan saya benar-benar fokus untuk memberikan yang terbaik tahun ini.”