Bolanews.com --- Argentina lolos ke perempat final Piala Dunia 2014. Kepastian itu mereka dapat setelah melewati pertarungan melelahkan melawan Swiss di babak 16 besar, Selasa (1/7) malam WIB.

banner-ads

Bermain di Arena de Sao Paulo, Swiss mengambil inisiatif serangan sejak kick-offbabak pertama. Gokhan Inler coba melepaskan tendangan ke gawang Argentina pada menit kesembilan, tapi belum menemui target.

Argentina tak diam. Tim Tango total mencatatkan lima peluang di babak pertama, tapi tak ada satu pun yang membuahkan gol.

Hingga babak pertama usai, tak ada gol tambahan yang tercipta. Kedua tim turun minum dengan mengantongin skor 0-0.

Masuk ke babak kedua, giliran Argentina yang mengambil inisiatif serangan. Trio Lionel Messi-Gonzalo Higuain-Ezequiel Lavezzi secara bergantian meneror pertahanan Swiss.

Di menit ke-63, Higuain nyaris menggetarkan gawang Swiss lewat sebuah tandukan. Namun, Diego Benaglio dengan sigap menepis bola.

Hal serupa juga terjadi pada Rodrigo Palacio di menit ke-75. Ia menyambut bola lambung kiriman dari sektor kiri, tapi tandukannya masih melebar di sisi gawang Swiss.

Pertahanan Swiss yang rapat berhasil membendung serangan Messi dkk. di sisa waktu babak kedua. Hingga terdengar peluit panjang tanda akhir pertandingan, skor 0-0 tak berubah. Kedua tim harus menjalankan babak perpanjangan waktu.

Tim Tango melanjutkan tekanan di perpanjangan waktu yang pertama. Namun, Swiss gantian mengontrol permainan di lima menit terakhir. Babak ini akhirnya kembali ditutup dengan tanpa gol.

Di babak perpanjangan waktu yang kedua, Swiss menerapkan strategi parkir bus. Melihat pertahanan lawan yang sangat rapat, Angel Di Maria coba melakukan tendangan voli dari luar kotak penalti, tapi masih bisa diblok kiper.

Kebuntuan Albiceleste akhirnya pecah pada menit ke-118. Memanfaatkan umpan Messi, Di Maria berhasil menceploskan bola mendatar ke sudut kanan gawang Swiss. Tim Tango unggul 1-0.

Swiss menyerang habis-habisan di sisa waktu perpanjangan waktu kedua. Dzemaili nyaris mencetak gol penyama kedudukan pada menit 120, tapi bola hasil sundulannya mengenai tiang gawang.

Wasit akhirnya meniupkan peluit tanda pertandingan berakhir. Tiket ke permepat final pun menjadi menjadi milik Argentina.

Argentina: Romero, Garay, Zabaleta, Gago, Di Maria, Higuain, Messi, Mascherano, Rojo, Fernandez, Lavezzi

Swiss: Benaglio, Lichtsteiner, Inler, Xhaka, Behrami, Rodriguez, Mehmedi, Drmic, Djourou, Schar, Shaqiri