Buat yang punya suara jangkrik di hub sepedanya, biasanya juga bingung kalau ada pertanyaan seperti itu. Ya gimana lagi, memang nggak ada jawaban pastinya ternyata soal fungsi bunyi jangkrik.banner-ads

Tapi kalau didengar sih memang cukup memanjakan telinga. Bunyi 'krik' yang lebih kencang dengan hub biasa pasti beda rasanya di telinga.



Pesepeda yang punya hub model ini juga menganggap bunyi jangkrik bisa untuk mendongkrak gengsi.

Berarti sudah ada satu fungsinya yang terlihat, yaitu memuaskan hati. Nggak perlu disangkal lagi. Bahkan banyak kok pesepeda rela merogoh kocek lebih demi bisa punya hub yang suara jangkriknya keras.

Nggak cuma itu, ada juga yang DIY bikin suara jangkrik jauh lebih keras dengan budget terbatas. Mereka biasanya mengganti ring yang ada di dalam hub jadi lebih besar.

Ring itu kemudian bakal menekan besi penahan hub yang berjumlah 3 dengan lebih kuat. Pantulan yang lebih cepat dan keras yang dihasilkan dari ring itu bisa bikin suara jangkrik makin kencang.

Jadi, nggak perlu upgrade buat punya suara jangkrik di hub. Selama hub lo adalah tipe cassette atau slop, cara ini bisa bikin lo seperti peternak jangkrik.



Fungsi lainnya, suara jangkrik juga bisa membuat orang di sekitar lo bisa lebih waspada. Seenggaknya mereka tahu ada sepeda yang bakal melintas.

Kalau lo, tim hub jangkrik atau senyap?