Arsenal melepas si pemain nomor 10 mereka yang dituduh selama ini tak membuat skuat Meriam London justru tak imbang.banner-ads

Mesut Ozil menjadi transfer besar yang dilepas ke Liga Turki, Fenerbahce. Ozil yang direkrut era Arsene Wenger dan jadi andalan manajer Prancis itu tak pernah cocok dengan manajer selepas Wenger.

Unai Emery sempat disharmonis dengan pemain asal Jerman ini meski hubungan mereka lebih seperti love and hate. Tak dimungkiri Ozil masih berkontribusi dengan sentuhannya yang ajaib jika sedang di mood yang bagus.

Ozil juga sempat dikembalikan kepercayaan dirinya oleh Mikel Arteta, manajer terkini The Gunners. Tapi hal itu tak bertahan lama.

Nama eks pemain Real Madrid ini tetap bak duri dalam daging di skuat tim London Merah.



Tapi pertanyaannya siapakah pengganti Ozil di Arsenal nanti? Agaknya tim ini tak perlu repot-repot membeli pemain baru.

Ketimbang menggelontorkan uang, Arsenal punya gelandang yang mumpuni dalam visi.

Dia adalah Granit Xhaka atau bintang muda yang terbukti ciamik di posisi Ozil, Emile Smith Rowe.

Xhaka saat masih ada Ozil bermain sedikit ke belakang. Posisi asli Xhaka di timnas Swiss ataupun tim sebelumnya adalah playmaker.

Momen ini bisa dicoba Arteta untuk membuat pos awal Xhaka sebagai midfielder pemikir.

Kelebihan Xhaka juga tipis-tipis dari Ozil dalam urusan set pieces servis maupun umpan. Bahkan Xhaka punya kelebihan dalam tendangan keras jarak jauh.



Sedangkan Rowe adalah nama yang diperbincangkan setelah tim Arsenal bisa membabat Newcastle United dengan penguasaan bola yang hebat.

Statistik Squawka menunjukkan, pemain muda Inggris binaan Arsenal ini bikin kreasi peluang cukup efektif untuk para penyerang.

Rowe bahkan menciptakan assist dalam gol ke gawang The Magpies via Bukayo Saka.

Bicara posisi, Rowe memang persis di pos Ozil. Dia adalah gelandang serang bak pemain timnas Jerman yang hijrah.

Dididik Arsenal, ia juga banyak pengalaman karena pernah dipinjamkan ke RB Leipzig dan tim Huddersfield Town.