Mikel Arteta adalah manajer yang menjanjikan di Arsenal. Di tahun pertamanya jadi peramu taktik untuk The Gunners, Arteta udah memenangkan dua gelar buat tim asal London utara ini. Dua gelar tersebut adalah Piala FA dan Community Shield.

Dirinya juga sempat dinilai sebagai orang yang bakal mampu mengembalikan performa terbaik Mesut Ozil. Soalnya, beberapa tahun lalu Arteta sempat bermain di sisi Ozil.

Walaupun menang lawan MU di Old Trafford, pesona Arteta kini sepertinya mulai memudar. Kritik tajam mulai berdatangan ketika mereka kalah dari Leicester di gameweek keenam yang lalu.

Bahkan banyak yang menilai sekarang pria asal Spanyol itu jadi mirip manajer Arsenal sebelumnya yang dipecat, Unai Emery. Kenapa bisa seperti itu ya?banner-ads


Martin Keown, legenda Arsenal yang sekarang jadi pundit menilai bahwa kebiasaan Arteta sering mengganti taktik mulai terlihat seperti Emery sebelum Arsenal mengalami penurunan performa.

Keown juga menilai kebiasaan yang mulai dilakukan Arteta itu bakal mengganggu stabilitas taktik tim. Menurutnya, sebuah tim harus punya pakem dan patokan tentang bagaimana mereka mau bermain. Menggonta-ganti taktik hampir setiap pekannya dapat membuat tim mengalami inkonsistensi.

Berkaitan dengan hal itu, misal para pemain yang jarang mendapatkan menit bermain bakal lebih kesulitan dalam beradaptasi dengan strategi yang diterapkan di atas lapangan.


Meski begitu, Keown tidak memaksa Arteta untuk melakukan sesuatu karena dirinya juga merasa gak punya wewenang untuk melakukan hal tersebut. Dirinya mengaku hanya ingin mendorong sang manajer untuk lebih konsisten dalam menangani Arsenal.

"Permainan Arsenal saat ini sedikit macet, jadi saya kira cobalah menyederhanakannya dan mulai membangun tim," ujarnya.

"Sekarang permainan mereka sangat statis, trio penyerang tidak benar-benar bergerak," tutup Keown.