Sepeda tanpa kabel yang semrawut memang lebih keren. Makanya pabrikan sekarang masukin kabel ke dalam frame.banner-ads

Bahkan banyak orang yang punya sepeda dengan jalur kabel di luar frame nekat melubangi frame agar kabel tersembunyi.

Tapi apa iya harus banget kabel-kabel itu ada di dalam frame? Sebenarnya apa sih kelebihan dan kekurangan jalur kabel di dalam frame?

Baca Juga: Jangan Asal Beli Sarung Tangan Sepeda, Ini Tipsnya



Plusnya dulu deh, selain estetika dan terlihat lebih modern, di beberapa sepeda memang sebisa mungkin tanpa kabel yang terlihat. Biasanya rumus ini dipakai oleh sepeda Road Bike.



Dengan kabel yang ada di dalam frame diharapkan angka aerodinamikanya lebih baik. Sulit memang menghitung angkanya untuk faktor kecepatan. Kalau faktor ini lo masih belum yakin, ya seenggaknya sepeda jauh lebih keren aja.

Kelebihan berikutnya adalah melindungi kabel dari bahaya apapun. Buat MTB yang doyan masuk track yang banyak pohon, kabel yang ada di luar frame memungkinkan tersangkut ranting dan benda lain.

Tapi kabel yang tersembunyi juga bukan tanpa masalah. Lo bisa aja tiba-tiba menemukan housing kabel yang terkelupas karena gesekan di dalam frame.

Lubang yang ada untuk memasukkan kabel ke frame juga biasanya jadi jalur untuk debu dan air ikut masuk. Kalau nggak rajin membersihkan bisa bikin frame atau bahkan kabel yang housingnya terkelupas tadi jadi rentan karat. Ujung-ujungnya, performa shifter nggak lagi maksimal.



Di beberapa sepeda, lubang dan jalur sepanjang belasan cm di dalam frame bahkan juga mempengaruhi struktur. Hati-hati dengan masalah ini, ya.