Buat menentukan pilihan, lo harus tahu dulu beda dari dua frame ini. Apalagi dari tampilan keduanya frame ini begitu mirip.banner-ads

Steel adalah jenis yang lebih dulu dipakai buat jadi bahan frame sepeda. Frame dengan bahan steel sebenarnya nggak 100 persen dari baja. Di dalamnya ada kandungan logam besi dengan kadar karbon yang rendah.

Bahan ini punya keunggulan di harga yang murah dan kuat terhadap tekanan. Jadi buat lo yang mau masuk ke track berat, sepeda dijamin bisa lebih tahan terhadap benturan.

Baca Juga: Tren MTB Pakai BMX Handlebar





Meski begitu, steel juga punya kekurangan. Kekuatan tadi harus lo bayar dengan bobot yang lebih berat. Sayangnya, bahan steel juga lebih cepat berkarat karena korosi.

Selanjutnya, untuk alloy adalah bahan yang paling populer dipakai buat beberapa tahun terakhir. Frame alloy dianggap punya kualitas yang lebih baik.

Memang sih, alloy punya bobot yang lebih ringan dan lebih tahan karat. Harga dari frame ini lebih mahal dari steel, tapi masih cukup terjangkau.



Tapi alloy juga punya kekurangan, yaitu daya tahan yang kurang lama. Kalau kena benturan keras, alloy mudah patah, terutama pada sambungannya.

Tapi sekarang, semua balik lagi ke lo, kira-kira pilih frame steel atau alloy?