Bolanews.com --- Belanda berhak meraih gelar juara ketiga pada Piala Dunia 2014 setelah membenamkan tuan rumah Brasil dengan skor 2-0, Minggu (13/7) dini hari WIB. Dua gol kemenangan Belanda dicetak oleh Robin van Persie dan Daley Blind.

Saat pertandingan dimulai, Belanda berhasil menguasai bola dengan sempurna. Operan dari kaki ke kaki yang diperagakan anak asuh Louis van Gaal itu membuat para pemain Brasil tampak binggung menutup ruang gerak.

Saat laga memasuki menit kedua, Arjen Robben dijatuhkan oleh Thiago Silva di kotak penalti. Akibatnya, Belanda mendapat hadiah tendangan penalti dan sukses dituntaskan oleh kapten tim Robin van Persie.

Setelah unggul 1-0, Belanda tidak menurunkan intensitas serangannya. Bahkan, mereka berhasil mencuri gol kedua dari Brasil lewat tendangan keras Daley Blind pada menit ke-16. Gol itu lahir karena David Luiz salah membuang bola.

Tertinggal 0-2, Brasil coba membalas dengan meningkatkan intensitas serangan. Namun, upaya mereka selalu kandas di penyelesaian akhir. Babak pertama ditutup dengan skor 2-0 untuk keunggulan Belanda.

Pada babak kedua, penguasaan bola lebih didominasi tim tuan rumah. Oscar menjadi motor serangan Brasil dan pergerakannya seringkali membuat lini belakang Belanda kerepotan.

Brasil mendapat sejumlah peluang emas untuk mencetak gol, beberapa diantaranya melalu bola mati. Akan tetapi, Brasil masih belum mampu memperbaiki penyelesaian akhir seperti pada babak pertama.

Tak mau kaah dari Brasil, Belanda juga beberapa kali melancarkan serangan. Namun upaya Robben masih mampu dihalau penjagaan kiper Julio Cesar dan Thiago Silva.

Keasikan menyerang, Brasil justru kecolongan oleh gol Georginio Wijnaldum pada menit ke-90. Pemain PSV Eindhoven itu berhasil menuntaskan umpan silang yang dikirim Daryl Janmaat dengan sempurna.

Skor 3-0 bertahan hingga laga berakhir. Hasil ini membuat Brasil menjadi tim paling banyak kebobolan di Piala Dunia tahun ini dengan total 14 gol. Tim tuan rumah hanya mampu membuat 11 gol.

Susunan Pemain

Brasil: Julio Cesar, Thiago Silva (c), David Luiz, Paulinho (Hernanes 57'), Oscar, Maxwell, Ramires (Hulk 73'), Luis Gustavo (Fernandinho 46'), Willian, Jo, Maicon

Belanda: Cillessen (Vorm 90+3'), Vlaar, De Vrij, Martins Indi, Blind (Janmaat 70'), Van Persie (c), Sneijder, Robben, Kuyt, Clasie (Veltman 90'), Wijnaldum

Statistik

Penguasaan bola: Brasil 58 - 42 Belanda
Serangan berbahaya: Brasil 43 - 24 Belanda
Total tendangan: Brasil 11 (5) - 8 (5) Belanda
Operan: Brasil 482 - 313 Belanda
Sapuan: Brasil 6 - 17 Belanda
Kartu kuning: Thiago Silva, Oscar, Fernandinho (Brasil) - (Belanda) Robben, De Guzman
Kartu merah: -