Buat para pemain sepak bola, Ballon d’Or tentunya adalah penghargaan tertinggi yang bisa mereka dapatkan. Setiap tahunnya para pemain terhebat di liga-liga top memperebutkan penghargaan tersebut. Namun emang udah lebih dari satu dekade penghargaan tersebut didominasi oleh nama Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Hanya tahun lalu saja ada “manusia normal” dalam wujud Luka Modric yang memenangkan penghargaan tersebut.

Dalam sejarahnya, pemenang Ballon d’Or selalu datang dari liga-liga top Eropa. Namun sejak 25 tahun lalu, La Liga adalah kompetisi yang mendominasi dengan pemain yang paling banyak memenangkan penghargaan tersebut.

Ada satu yang menarik nih Bro. English Premier League yang sering dianggap sebagai liga terbaik di Eropa, bahkan dunia ternyata gak menyumbang banyak nama dalam perebutan gelar tersebut. Mungkin ada beberapa pemain liga tersebut yang bersaing dalam nominasi teratas, tapi cuma ada dua yang pernah memenangkannya selagi berkompetisi di Premier League. Pemain tersebut adalah Michael Owen dan Cristiano Ronaldo.banner-ads



Owen di masa mudanya adalah striker yang menakutkan untuk pertahanan lawan. Beberapa kali jadi pencetak gol terbanyak di liga bahkan sebelum umurnya menginjak 20 tahun. Michael Owen pun memenangkan penghargaan Ballon d’Or pada tahun 2001. Kegemilangannya berhasil menarik perhatian Real Madrid dan Owen pun pindah ke Los Blancos. Namun di sana dirinya gak beruntung karena bermain cukup buruk sebelum akhirnya kembali ke Inggris untuk bermain bersama Newcastle United.

\


Sama halnya seperti Michael Owen, Cristiano Ronaldo sudah terlihat sangat brilian sejak masa mudanya. Di Premier League, peraih 5 Ballon d’Or tersebut sempat memecahkan beberapa rekor. Yap, sebelum berjaya bersama Real Madrid dengan 4 juara Liga Champions dan 4 Ballon d’Or lainnya, penghargaan tersebut pertama dimenangkan oleh Cristiano bersama Manchester United.

Berhasil mengantarkan MU juara UCL pada tahun 2008, Cristiano pun memenangkan Ballon d’Or pada ajang penghargaan untuk tahun tersebut. Sama seperti Owen, kegemilangannya pasca meraih Ballon d’Or membuat Real Madrid kepincut dan membelinya dari Old Trafford.

Tapi nasib yang jauh berbeda dialami Ronaldo bersama Los Blancos, seperti yang lo tau bahwa dirinya adalah pencetak gol terbanyak dalam sejarah klub tersebut dengan total 450 gol.

Kalau dibandingkan pada masa mudanya, mana yang menurut lo lebih hebat, Cristiano Ronaldo atau Michael Owen Bro?