Seberapa besar pun kecintaan lo terhadap salah satu di antara Messi dan Ronaldo, perlu diakui bahwa keduanya adalah yang terbaik di dunia saat ini. Gak bosen rasanya menyebutkan bahwa keduanya adalah pemain yang mendominasi jagat sepak bola selama lebih dari satu dekade terakhir.

banner-ads

Dari mulai penghargaan individu seperti Ballon d’Or sampai berbagai rekor di atas lapangan hijau, keduanya adalah mesin yang tak terhentikan. Mungkin cuma Ballon d’Or musim lalu lah dimana keduanya gagal mendapatkan penghargaan tersebut karena ditikung oleh Luka Modric.

Bicara soal dominasi Messi dan Ronaldo, dalam kurun waktu 12 tahun terakhir, seharusnya ada beberapa orang yang bisa memenangkan penghargaan tersebut kalau keduanya gak ada. Siapa aja mereka?

Wesley Sneijder

Well, banyak yang mengatakan bahwa Sneijder pada tahun 2010 sebenarnya adalah yang paling layak untuk mendapatkan penghargaan Ballon d’Or. Selain dikenal sebagai salah satu eksekutor tendangan bebas terbaik saat itu, kiprahnya bersama tim juga dianggap luar biasa. Inter Milan berhasil memenangkan treble winner legendaris bersama Mourinho pada tahun 2010 setelah juara UCL. Selain itu, timnas Belanda juga berhasil lolos hingga final Piala Dunia 2010 walaupun kalah di partai puncak tersebut. 

Sayangnya, meski performa dan pengaruh Sneijder dianggap luar biasa pada tahun 2010, dirinya kalah pada voting yang dilakukan saat mendekati malam puncak penganugerahan Ballon d’Or 2010.

Franck Ribery

Mengalahkan Messi dan Ronaldo pada masa prima mereka? Cuma Franck RIbery yang berhasil melakukannya. Pada penghargaan pemain terbaik Eropa tahun 2013, Ribery ada di antara Messi dan Ronaldo pada ajang penghargaan tersebut. Setelah berhasil mengantarkan Bayern Munchen juara Liga Champions, Ribery meraih penghargaan pemain terbaik Eropa. 

Tapi lagi-lagi Messi lah yang mendapatkan penghargaan tersebut. Sang winger bahkan mengatakan bahwa dirinya merasa dirampok pada malam puncak penghargaan Ballon d’Or setelah melihat nama Messi yang muncul sebagai pemenang.

Manuel Neuer

Piala Dunia 2014 disebut-sebut sebagai ajang untuk unjuk gigi para kiper luar biasa. Penjaga gawang adalah posisi yang benar-benar mendapat sorotan pada ajang tersebut karena sejak pertandingan pertama hingga final, para penjaga gawang selalu menunjukkan penampilan yang atraktif dan bikin gregetan karena aksi mereka berjibaku menjadi palang pintu terakhir. Manuel Neuer keluar sebagai yang terbaik dan mendapatkan penghargaan Golden Glove setelah berhasil mengantarkan Jerman juara dengan mengalahkan Argentina di final. 

Neuer nyaris aja jadi kiper kedua dalam sejarah yang memenangkan Ballon d’Or setelah Lev Yashin. Sayangnya, seperti yang lo tau bahwa Neuer kalah di malam puncak oleh Cristiano Ronaldo.

Neymar

Mungkin Neymar belum pernah mengantarkan Brasil juara Piala Dunia. Tapi performa individunya bersama Barcelona dan PSG gak perlu dipertanyakan lagi. Terutama ketika masih bermain di La Liga, trio MSN (Messi, Suarez, Neymar) adalah trio penyerang paling mematikan di dunia. Banyak yang mengatakan bahwa seharusnya sejak kedatangan Neymar ke sepak bola Spanyol, seharusnya kapten timnas Brasil tersebut memenangkan Ballon d’Or setidaknya sebanyak satu kali.

Sayangnya, seperti pemain lainnya, Neymar selalu kalah voting ketika sudah masuk nominasi Ballon d’Or.

Menurut lo, di antara keempat pemain tersebut, siapa yang paling layak setidaknya memenangkan Ballon d’Or walau cuma sekali?